Bunga Raflesia Ditemukan di Kawasan Suaka Margasatwa Isau-isau Kabupaten Lahat

Bunga Raflesia Ditemukan di Kawasan Suaka Margasatwa Isau-isau Kabupaten Lahat

LAHAT, PALPOS.ID – Bukan hanya berada di Provinsi Bengkuli, Bunga Raflesia Arnoldi ditemukan di kawasan suaka margasatwa isau-isau Desa Air Lingkar Kecamatan Pagar Gunung (Pagun) Kabupaten Lahat.

Bahkan, dalam beberapa hari ke depan, bunga bangkai itu diprediksi akan mekar sempurna.

"Satu atau dua hari lagi bunga akan mekar sempurna," ungkap Martialis, Kepala BKSDA Wilayah II Lahat, Kamis, 14 Juli 2022.

Sementara Camat Pagun, Marles Yuniardi S Kom mengungkapkan, keberadaan bunga reflesia di Air Lingkar, Kecamatan Pagar Gunung, Lahat ini, dengan jarak tempuhnya 2 jam dari Desa.

"Bunga reflesia jenis Alnoldi ternyata bukan hanya di Bengkulu. Namun ada juga di wilayah Suaka Margasatwa (SM) Isau-Isau Kabupaten Lahat Provinsi Sumsel," terangnya.

Menurutnya, kebaradaan tanaman langka ini perlu dilestarikan dan dijaga. Sebelumnya sekitar satu minggu lalu mendatangi lokasi tanaman raflesia.

Namun belum mekar sempurna dengan ukuran berdiameter 1 meter. "Kalau yang mekar baru sikok itulah, tapi ada bakalnyo yang lain lebih dari 4 ikok," ujarnya.

Semoga adanya tanaman ini dapat menarik wisatawan. Untuk menopang dan menumbuh ekonomi kreatif masyarakat. ‘’Namun tetap menjaga kelestarian alamnya,” tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas bksda wilayah ii lahat