KPK Apresiasi Capaian MCP dan SPI Kabupaten OKI Diatas Rerata Nasional

KPK Apresiasi Capaian MCP dan SPI Kabupaten OKI Diatas Rerata Nasional

Pihak KPK RI foto bersama Bupati OKI dan jajaran Forkopimda Bumi Bende Seguguk, Jumat, 16 September 2022.-Palpos.id-Humas Kominfo OKI

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi wilayah ketiga dalam rangkaian Roadshow Bus KPK RI pada, 16 hingga 18 September 2022.

KPK RI memberikan apresiasi pada pemerintah Kabupaten OKI karena capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) dan Survei Penilaian Integritas (SPI) berada diatas rerata nasional.

Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana menyampaikan, nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) upaya pencegahan antikorupsi di OKI 78.04 persen di tahun 2021. Sementara nilai SPI (Survei Penilian Integritas) berada di angka 75.

"Selisih nilai MCP dan SPI di OKI tidak cukup besar, itu artinya ada keseimbangan antara penilaian administrasi dan substansi terkait pencegahan korupsi di OKI," ungkapnya, Jumat, 16 September 2022.

BACA JUGA:Bus KPK di OKI Ajak Warga Turut Serta Berantas Korupsi

Ia menambahkan, KPK RI Strategi trisula pemberantasan korupsi yaitu pendidikan, pencegahan, dan penindakan.

Dimana menurutnya, pendidikan anti korupsi terkait membangun, mengkampanyekan nilai-nilai anti korupsi di semua elemen.

"Kemudian, untuk pencegahan merupakan upaya memperbaiki sistem, memperkecil celah atau kesempatan untuk melakukan korupsi. Dan yang terakhir yaitu penindakan untuk memberikan efek jera," ujarnya.

Dikatakannya lagi, mereka menyadari meskipun semua sudah dijalankan masih memerlukan partisipasi dari pihak-pihak lain untuk melaksanakan prinsip 3 L (Lihat, Lawan, Laporkan).

BACA JUGA:Roadshow Bus KPK Hadir di OKI, Tanamkan Kejujuran Melalui Dongeng

"Wawan juga mengapresiasi Kabupaten OKI yang telah menerima dengan antusias kehadiran Roadshow BUS KPK RI. Setelah dari OKI akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Lampung," tuturnya.

Sementara itu, Bupati OKI, H Iskandar SE mengemukakan, pemkab OKI berkomitmen meningkatkan capai MCP dan SPI dalam rangka perbaiki sistem pencegahan korupsi.

"Terhadap nilai yang akan terus kami tingkatkan agar terus dilakukan perbaikan dalam pencegahan korups. Saya mengapresiasi dipilihnya kabupaten OKI sebagai wilayah tujuan Road Show Bus KPK," imbuhnya.

Masih katanya, dia mengucapkan terima kasih kepada TIM KPK yang telah menjadikan OKI sebagai salah satu wilayah untuk diadakannya pendidikan anti korupsi.

BACA JUGA:Gubernur Deru Ajak Semua Pihak Gencar Penyuluhan Penyalahgunaan Napza

"Semoga dengan ini kami dapat melakukan perbaikan-perbaikan sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat di OKI. Dan juga dapat mematik untuk proses pembelajaran antikorupsi dimulai sejak dini," tutupnya. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas kominfo oki