Wartawan Dilarang Bawa Handphone Masuk Lapas Empat Lawang karena Alasan Tak Tunjukkan Idcard

Wartawan Dilarang Bawa Handphone Masuk Lapas Empat Lawang karena Alasan Tak Tunjukkan Idcard

Ridwantoro, Kalapas Kelas IIB Empat Lawang. -Palpos.id-

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID - Kepala Lembaga Pemasyarakatan atau Kalapas Kelas IIB Empat Lawang, Ridwantoro, membantah pemberitaan tentang wartawan dilarang membawa handphone (Hp) masuk lapas melalui berita di media online.

Dijelaskan dalam pemberitaan tersebut, wartawan yang dilarang membawa handphone ke dalam lapas itu tidak mau menunjukan kartu identitas (Idcard).

Padahal idcard wartawan itu diminta oleh petugas yang berjaga dipintu masuk Lapas bernama Arkan.

Sungguh tidak masuk diakal sehat, seorang wartawan yang ingin konfirmasi  atau wawancara untuk sebuah berita, tidak mau menunjukkan kartu identitasnya (Idcard).

BACA JUGA:Wartawan Dilarang Bawa Handphone Masuk Lapas Empat Lawang

"Kami perlihatkan ke petugas (Arkan) waktu meminta kartu idcard saya. Tidak benar kami tidak menunjukan kartu identitas kami. Lagian pak Amri itu sudah tahu dengan kami,” kata Alek bersama Firman pada awak media, Minggu 09 Oktober 2022.

Mungkin, lanjutnya mereka ingin mencari pembenaran. Karena mereka secara tidak langsung telah melarang tugas jurnalis.

"Kalau wartawan masuk lapas tanpa handphone, bagaimana bisa wawancara. Kan handphone salah satu alat wartawan untuk melakukan peliputan," ungkapnya.

Sementara Kalapas Kelas IIB Empat Lawang Ridwantoro mengatakan dari laporan petugas bahwa wartawan yang bersangkutan tidak mau menunjukan identitas (Idcard). "Arkan bilang gak ada," bantah Kalapas.

BACA JUGA:Terkuak, Warga Binaan Lapas Tanjung Raja Meregang Nyawa Usai Konsumsi Narkoba

Ketika ditanya, apakah Kalapas tidak melihat melalui cctv yang berada di ruang penjagaan, untuk memastikan apakah benar wartawan yang bersangkutan tidak mau menunjukan idcard? dengan singkat ia menjawab sudah mati. ‘’Suda mati (Cctv sudah mati)," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: