Kurangi Angka Pengangguran, BLK OKI Gelar Latihan Pertukangan Hingga Kecantikan

Kurangi Angka Pengangguran, BLK OKI Gelar Latihan Pertukangan Hingga Kecantikan

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten OKI, Sudiyanto Djakfar SSos Msi. -Palpos.id-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Sebagai bentuk bantuan sosial untuk mengurangi angka pengangguran, Balai Latihan Kerja Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar latihan kerja pertukangan kayu hingga kecantikan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) OKI, Sudiyanto Djakfar SSos MSi membenarkan, adanya pelatihan tersebut.

Menurutnya, pelatihan akan digelar selama 16 hari yakni dari 12 hingga 30 November 2022.

"Sampai tanggal 30 karena ada hari libur di hari Minggu. Dimana ada lima macam pelatihan diantaranya, las listrik, pertukangan kayu, fotografer, kecantikan, dan otomotif," ungkapnya kepada awak media, Rabu, 16 November 2022.

BACA JUGA:Pemkab OKI Gelar Seleksi Terbuka Pejabat Administrator

Ia menambahkan, yang ikut pelatihan sebanyak 80 peserta dengan masing-masing jenis pelatihan terdapat 16 orang. Dimana para peserta lebih banyak dari daerah Kayuagung.

"Hal ini karena kita tidak ada tempat untuk menginap. Tetapi ada juga dari daerah jauh seperti daerah Tulung Selapan atau Sungai Menang.

Namun mereka mungkin menginap di tempat keluarganya yang ada di sekitar Kayuagung ini," ujarnya.

Dikatakannya lagi, para peserta yang ikut berusia minimal 17 tahun dan maksimal 40 tahun untuk menyasar usia produktif. Dimana kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 - 14.00 WIB.

BACA JUGA:PPKM Diperpanjang Masyarakat OKI Tidak Terlalu Was-Was

"Mereka yang ikut pelatihan, akan kita sampaikan dengan perusahaaan. Kedepan ini kita akan melakukan MoU dengan perusaahan-perusahan untuk merekrut yang telah kita latih," tuturnya.

Masih kata Sudiyanto, meski peserta tidak bekerja di perusahaan. Harapan mereka, para peserta bisa usahanya secara mandiri, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran.

"Untuk tenaga pengajarnya ada dari luar, seperti dari SMKN 1 dan 2 Kayuagung untuk otomotif dan pertukangan.

Lalu peserta juga kita fasilitasi seperti bahan pelatihan, transport, makan minum, serta sertifikat keahlian," jelasnya.

BACA JUGA:Satpol PP dan Damkar OKI Gelar Penertiban Penutupan Jalan SMKN 3 Kayuagung

Lebih lanjut, sertifikat keahlian sangat penting untuk melamar kerja di perusahaan.

Karena menurutnya, saat ini perusahaan menetapkan syarat setiap pelamar harus mempunyai keahlian yang dibuktikan sertifikat tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: