Ini Dia 12 Manfaat Daun Kumis Kucing, dari Asam Urat hingga Masalah Darah Tinggi

Ini Dia 12 Manfaat Daun Kumis Kucing, dari Asam Urat hingga Masalah Darah Tinggi

Daun kumis kucing memiliki 12 manfaat yang bisa membantu mengatasi masalah asam urat dan darah tinggi--

PALEMBANG, PALPOS.ID- Daun Kumis Kucing ternyata memiliki banyak manfaat. Biasanya, daun ini hanya dikenal untuk pengobatan sakit pinggang. Ternyata, daun kumis kucing sangat banyak manfaatnya.

Kumis kucing dengan bahasa latinnya orthosiphon aristatus dari Famili Lamiaceae. Habitat aslinya berasal dari kawasan tropis Afrika. Manfaat daun kumis kucing berasal dari kandungan senyawa penting yang ada di dalamnya.

Dari sejumlah studi, tanaman ini diketahui memiliki kalium, glikosida, orthosiphon serta senyawa lainnya Menurut WebMd, manfaat daun kumis kucing diklaim bisa mengobati saluran kemih, kandung kemih dan ginjal. Dikutip dari Kitab Tanaman Obat, bagian yang paling bermanfaat dari kumis kucing yaitu akar dan daunnya.

Di dalam daun kumis kucing tersedia kandungan flavonoid yang cukup melimpah. Rebusan daun kumis kucing dinilai ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit ringan.

 

1.   Meredakan Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing atau yang biasa disebut anyang-anyangan merupakan suatu kondisi medis yang bisa diderita pria maupun wanita. Biasanya gangguan kesehatan ini dipicu akibat adanya infeksi saluran kemih, efek samping obat-obatan hingga batu ginjal.

Untuk metode pengobatannya, campurkan daun kumis kucing dengan menir dan alang-alang. Rebus bahan herbal tersebut. Kemudian air rebusannya bisa dikonsumsi 3 kali sehari.

2.   Meredakan Nyeri Saat Susah Buang Air Kecil (BAK)

 Daun kumis kucing dipercaya bisa meredakan nyeri ketika mengalami kencing tersendat. Herbal ini dapat diolah menjadi teh dan dikonsumsi bagi penderita yang mengalami gejala ini.

3.   Menurunkan Darah Tinggi

Kandungan methylripariochromene dalam daun kumis kucing, dapat mengurangi tekanan darah sistolik pada hewan. Para peneliti menduga zat kimia ini berpengaruh juga kepada manusia.

4.   Membantu Mengatasi Asam Urat

 Zat flavonoid dan fenolik yang terdapat di dalam daun kumis kucing, dapat menghambat pembentukan asam urat sekaligus melancarkan pengeluaran asam urat melalui urine. Kedua senyawa tersebut juga bersifat sebagai anti peradangan.

5.   Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, satu di antaranya yaitu karena kebersihan gigi dan gusi yang tidak terjaga. Daun kumis kucing bisa menjadi alternatif untuk meredakan nyerinya.

6.   Membatu Meredakan Alergi

Gatal-gatal yang dirasakan mungkin saja dipicu karena alergi. Rebusan daun kumis kucing dianggap mampu meredakan gatal-gatal tersebut.

7.   Mengatasi Masalah Menstruasi

Mengkonsumsi ekstrak daun kumis kucing akan memberikan efek yang baik, utamanya untuk mengatasi masalah saat menstruasi.

8.   Ampuh Atasi Rematik

Kandungan fenolik dan flavonoid  berpengaruh untuk membantu mengatasi rematik.  Air rebusan daun kumis kucing dapat dikonsumsi dalam batas yang wajar.

9.   Memelihara Kesehatan Jantung dan Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun kumis kucing juga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta mengurangi trigliserida. Hal ini dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan yang ada di dalam daun kumis kucing terbukti mampu mendukung produksi hormon insulin. Di mana hormon ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

10. Menurunkan Demam

Khasiat lainnya dari daun kumis kucing yaitu dapat mengatasi demam. Minum satu gelas air rebusan herbal ini dapat meredakan panas akibat demam.

11. Mengobati Masalah Ginjal

 Daun kumis kucing diklaim dapat membantu  mengatasi gangguan ginjal. Air rebusan daun kumis kucing dinilai efektif dalam mengobati infeksi ginjal dan kencing batu.

12. Penambah Nafsu Makan

Daun kumis kucing yang diseduh sebagai teh, dianggap berkhasiat untuk menambah nafsu makan. (nbq)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: