Berada Diurutan ke-2 Sumsel Angka Kemiskinan Banyuasin Turun

Berada Diurutan ke-2 Sumsel Angka Kemiskinan Banyuasin Turun

Kepala Badan Pusat Statistik Sumsel (BPS), Dr. Zulkifli, M.Si, Kepala Bappeda Sumsel, Bupati bersama Wakil Bupati Banyuasin. Rakor dan Rilis Angka Kemiskinan Kabupaten Banyuasin tahun 2022.Foto:Sony/Palpos.id--

BANYUASIN, PALPOS.ID- Bertempat di guest house Rumah Dinas Bupati BANYUASIN, dengan dihadiri langsung Kepala Badan Pusat Statistik Sumsel (BPS), Dr. Zulkifli, M.Si, Kepala Bappeda Sumsel, Bupati bersama Wakil Bupati BANYUASIN. Rakor dan Rilis Angka Kemiskinan Kabupaten BANYUASIN tahun 2022, tempatkan Kabupaten BANYUASIN berada di urutan ke-2 Sumsel dalam penurunan Angka Kemiskinan, Senin (12/12/2022).

 

Bersamaan dengan diterima Penghargaan Terbaik II, dalam Perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Banyuasin berhasil mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang diukur dengan penurunan angka kemiskinan dari tahun ke tahun.

 

Kepala BPS Sumsel, Dr. Zulkifli, M.Si usai press Rakor dan Rilis Angkat Kemiskinan Banyuasin mengatakan, presentase penduduk miskin di Kabupaten Banyuasin berada pada peringkat ke-dua terendah se-Provinsi Sumatera Selatan.

 

Hal itu ditandai dengan terus terjadinya tren yang cenderung mengalami penurunan sangat signifikan, dalam kurun waktu 19 tahun sejak tahun 2003.

 

Berdasarkan data kemiskinan yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kinerja Pemerintah Kabupaten yang angkat konsen dalam penurunan angka kemiskinan hingga  menjadi 10 persen terkecil setelah kota Pagar Alam. 

 

Sementara Itu Bupati Banyuasin H Askolani SH MH usai kegiatan mengungkapkan, Terus terang capaian itu merupakan hal yang luar biasa sebenarnya, dari harapan pihaknya menjadi satu digit Kabupaten Banyuasin sekarang diangka 10,75 persen artinya sedikit lagi menjadi satu digit untuk menjadi 10.00 persen dan alhamdulillah kabupaten sudah bergeser dari ke-3 menjadi urutan ke-2 Sumsel dalam penurunan angka kemiskinan.

 

"Tahun 2023 kita bertekad dengan semua stakeholder yang ada, kita bertekad untuk menurunkan angka kemiskinan Kabupaten Banyuasin menjadi satu digit, dimana angka pengangguran juga turun, IPM alhamdulillah meningkat. Walaupun kondisi pasca covid yang melanda seluruh negri termasuk Kabupaten Banyuasin, namun kami akan semaksimal mungkin agar dapat menurunkan angka kemiskinan," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: