Sambut Hari Jadi OKU Timur ke-19, Kantor SAR Palembang Ikuti Pameran

Sambut Hari Jadi OKU Timur ke-19, Kantor SAR Palembang Ikuti Pameran

Kegiatan Pameran SAR yang diikuti Basarnas Palembang di Lapangan Gumawang dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten OKU Timur ke-19, Sabtu, 14 Januari 2023.--Foto : Humas Basarnas Palembang

OKUT, PALPOS.ID - Sebagai bentuk partisipasi menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten OKU Timur ke-19 yang jatuh pada tanggal 17 Januari 2023. Kantor SAR Palembang mengikuti kegiatan pameran.

Pameran tersebut berlangsung di Lapangan Gumawang pada, Sabtu, 14 Januari 2023. Dimana untuk penyambutan Hari Jadi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah.

Kepala Basarnas Palembang, Hery Marantika SH MSi mengatakan, tujuan mereka mengikuti kegiatan seperti itu adalah untuk membangun dan meningkatkan koordinasi Basarnas.

"Dalam hal ini, Kantor SAR Palembang bersama unsur forkopimda di Sumsel, khususnya OKU Timur dan seputaran. Diharapakan mampu mengedukasi masyarakat agar lebih mengutamakan keselamatan dalam setiap aktifitas," ungkapanya, Minggu, 15 Januari 2023.

BACA JUGA:100 Anggota PPK OKU Timur Dilantik, Ini Pesan Wabup Yudha

BACA JUGA:Tahun 2022, 67 Orang Pecandu Jalani Rehabilitasi Ketergantungan Narkoba di OKU Timur

Ia menambahkan, lalu memperkenalkan tentang peralatan evakuasi yang dimiliki oleh Basarnas dalam menunjang tugas-tugas kemanusiaan. Baik kepada masyarakat OKU Timur maupun masyarakat Sumsel pada umumnya.

"Terkait penanganan musibah dan bencana sesuai dengan peran Basarnas, khususnya pelaksanaan operasi SAR," ujarnya.

Pada kegiatan pameran itu, dikatakannya lagi, stand SAR Palembang dikoordinir Tim Rescue Palembang dan Rescuer Unit Siaga OKU Timur, menggelar berbagai perlengkapan dan peralatan SAR yang sering digunakan dalam operasi pencarian dan pertolongan.

"Lalu ada bantuan kemanusiaan dalam hal penanggulangan bencana alam yang dimiliki oleh Kantor SAR Palembang. Selain itu, juga menampilkan peragaan sistem evakuasi di ketinggian," tuturnya.

BACA JUGA:Jelang HAB, Kemenag OKU Timur Menggelar Berbagai Perlombaan

BACA JUGA:Sukses Digelar, Disdikbud OKUT Targetkan Kejuaraan Basket Tingkat Kabupaten Tahun Depan

Masih kata Hery, kemudian peralatan Colaps Structure Search dan Rescue atau CSSR ; peralatan pendeteksi korban bawah air seperti, aqua eye, under water search device atau UWSD.

"Peralatan itu merupakan hasil pengembangan IPTEK dari Kabasarnas langsung, Marsdya TNI Endri Alpiandi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: