5 Provinsi dengan Penduduk Termiskin di Sumatera, Nomor 1 Cukup Mengejutkan

5 Provinsi dengan Penduduk Termiskin di Sumatera, Nomor 1 Cukup Mengejutkan

Masjid Raya Baituraham yang merupakan ikon Provinsi Nangroe Aceh Darusalam-foto : wikipedia-

Ke 5 provinsi tersebut meliputi :

1. Aceh 

 Melansir dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Aceh adalah provinsi dengan persentase penduduk miskin tertinggi di pulau Sumatera per Maret 2022. Dari jumlah 5,37 juta penduduk yang ada, persentase penduduk miskin di provinsi ini sebesar 14,64%.

Padahal Aceh dikenal dengan daerah migas dan sumber daya hayati yang cukup melimpah.  

2. Bengkulu

Provinsi yang ada di bagian barat daya pulau Sumatera ini menduduki peringkat kedua dengan persentase penduduk miskin tertinggi di Sumatera. Persentase penduduk miskin di provinsi yang ikonik dengan bunga Raflesia Arnoldi tersebut sebesar 14,62%.

3. Sumatera Selatan

Provinsi dengan ibu kota Palembang ini ada di urutan ketiga sebagai daerah termiskin di Sumatera. Persentase penduduk miskin di Sumatera Selatan tercatat sebesar 11,90%. 

Data ini turun 0,89% dari sebelumnya per September 2021 mencapai 12,79%.

Sumatera Selatan sendiri dikenal sebagai daerah yang memiliki migas, batubara dan perkebunan yang melimpah.

4. Lampung

Provinsi yang dekat dengan pulau Jawa ini juga termasuk daerah termiskin di Sumatera. Data terbaru per Maret 2022, persentase penduduk miskin di Lampung sebesar 11,57%.

5. Sumatera Utara

Sumatera Utara menjadi provinsi berikutnya dengan penduduk termiskin di Sumatera. Per Maret 2022 sendiri persentase penduduk miskin di provinsi ini sebesar 8,42%.

Untuk persentase penduduk miskin terendah di Sumatera berada di Kepulauan Bangka Belitung. Persentasenya penduduk miskin di wilayah ini sebesar 4,67%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: