9 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Termasuk Mengobati Ini

9 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Termasuk Mengobati Ini

Manfaat daun sirsak yang bisa digunakan untuk kesehatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

2. Mengobati Kanker

Menurut jurnal ilmiah berjudul Anticancer Properties of Graviola atau sifat antikanker dari sirsak (Annona muricata) : A Comprehensive Mechanistic Review atau tinjauan melankstik komprehensif yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health.

BACA JUGA: Kota Medan Vs Kota Palembang, Siapa yang Terdepan di Sumatera?

BACA JUGA:MANG JUHAI : Juragan Bogor

Disebutkan kalau efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak tanaman sirsak dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. 

Bahan bio aktif yang disebut annonaceous acetogenins (AGEs) memiliki beberapa sifat antikanker. AGEs dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

Daun sirsak juga dipercaya dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibanding kemoterapi. Sirsak juga memiliki bahan aktif 1000 kali lebih kuat daripada kemoterapi.

Untuk mendapatkan khasiat pengobatan kangker ini, rebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cangkir. Minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.

BACA JUGA:Calon Jemaah Haji Indonesia Bisa Full Senyum Karena Ini

BACA JUGA:Kasus KDRT Istrinya Venna Melinda, Tersangka Ferry Irawan Ditahan Polda Jatim, Kuasa Hukum Bilang Begini...

3. Mengobati Asam Urat

Daun sirsak juga digunakan untuk mengatasi asam urat. Untuk pengobatan ini rebuslah 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau. 

Sebelumnya, cuci bersih dulu daun tersebut. Ekstrak air daun sirsak menjadi 1 gelas, lalu diminum. Minum ramuan ini pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Mengobati Rematik

Rematik biasa dialami oleh orang yang sudah lanjut usia atau lansia. Untuk mengobati rematik, haluskan daun sirsak lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan ini secara teratur setidaknya dua kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: