5 Hal Menarik Terkait Bansos 2023, Apa Saja itu, Ini Rinciannya...

5 Hal Menarik Terkait Bansos 2023, Apa Saja itu, Ini Rinciannya...

Ada 6 langkah antisipasi jelang ramadan dan idulfitri, termasuk pemerintah bagikan bansos beras telur dan ayam untuk menekan inflasi.-Palpos.id-setkab.go.id

Reformasi perlinsos atau perlindungan sosial juga sedang dicanangkan. Sebab, awal pandemi covid-19, reformasi perlinsos dilakukan untuk menjawab tantangan dihadapi.

Diantara reformasi perlinsos itu, yakni terkait akurasi data, fragmentasi antar program perlinsos, dan penguatan sistem perlinsos, agar lebih responsif terhadap krisis di masa depan.

BACA JUGA:Waw! 75 PNS dan PPPK Masih Terima Bansos hingga Rp3 Juta, Pihak Dinsos Minta Dikembalikan...

BACA JUGA:3 Bansos Cair Serentak Februari 2023, Ada PKH, BPNT dan BLT Kemiskinan Ekstrem, Lumayan Kan...

4. Jaga masyarakat dapat Hadapi Krisis

Tujuan lainnya yakni perlinsos atau perlindungan sosial yang disalurkan pemerintah mampu berperan optimal dalam menghadapi krisis.

Kemudian, perlinsos yang diberikan juga diharapkan mampu menjaga seluruh lapisan masyarakat dari kerentanan sosial yang terjadi.

5. Bansos dialokasikan Melalui Belanja Pemerinta Pusat

Dimana, semua bansos atau bantuan sosial itu dibelanjakan melalui anggaran pemerintah pusat. Dalam hal ini dicairkan melalui beberapa kementerian.

BACA JUGA:Penerima Bansos PKH Palembang Ditargetkan 40 Ribu KPM, Syaratnya Wajib Siapkan Dokumen Ini…

BACA JUGA:Cair Februari 2023, Cek Bansos PKH Balita Rp3 Juta Per Tahun, Begini Caranya...

Mulai dari Kementerian Sosial atau Kemensos, Kemdikbud, Kemenag, Kementerian Kesehatan, hingga Kementerian Ketenagakerjaan.

Demikian ditegaskan Menkeu Sri Mulyani. Dimana, Menkeu Sri Mulyani mengaku sebagian anggaran perlinsos dialokasikan melalui belanja kementerian.

Diberitakan Palpos.id sebelumnya, Kemensos RI membuat 3 langkah strategis cegah bansos tak tepat sasaran.

Termasuk juga untuk mencegah adanya korupsi kolusi dan nepotisme atau KKN dalam penyaluran bansos 2023 kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber