Pj Bupati Minta Warganya Agar Jangan Membakar Lahan Sembarangan

Pj Bupati Minta Warganya Agar Jangan Membakar Lahan Sembarangan

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah saat membuka musrenbang di Kecamatan Lubuk Raja.Foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah membuka Musrenbang Kecamatan Tahun 2023 di Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Selasa (28/02).

Pada kesempatan ini, Pj Bupati OKU mengingatkan petani agar tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar. Hal ini mengingat pada bulan April dan Mei memasuki musim kemarau.

“April-mei itu memasuki kemarau, sehingga berisiko membuka lahan dengan cara membakar. Karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat, jangan melakukan pembakaran saat membuka lahan,” ujarnya.

Pemkab OKU tidak memberi imbauan semata. Bahkan memberikan solusi bagi petani, yang hendak membuka lahan tanpa melakukan pembakaran.

BACA JUGA:Sambut Ramadhan, Ini Yang Dilakukan Nahdlatul Ulama OKU

Menurut Pj Bupati, pada saatnya ke depan Pemerintah akan menyiapkan alat berat untuk petani yang hendak membuka lahan pertanian. Dengan demikian tidak perlu lagi melakukan pembakaran.

“Edukasi hal sepeti ini terus kami sampaikan kepada petani, jangan sampai membakar saat membuka lahan. Kalaupun memang terpaksa dan harus membajar sisa lahan yang dibuka, lakukanlah sedikit demi sedikit,” katanya.

BACA JUGA:2 Mantan Pejabat DLH OKU Selatan Tersangka Dugaan Korupsi Sampah, Ini Jumlah Uang Disita Penyidik...
Disamping itu, sebelumnya dalam kesempatan Musrenbang, jelas Pj Bupati OKU, ia selalu mengajak OPD-OPD dilingkungan Pemerintah OKU. Mulai dari Dinas PU, Diskominfo, Dinkes dan beberapa OPD terkait lainya. Dengan demikian masyarakat bisa menjelaskan secara langsung apa yang menjadi keinginan. “Yakinlah, Pemerintah didukung, Legialatif, berkomitmen melakukan pembangunan dari bawah,” ujarnya.

Kendati demikian tegas Teddy bukan berarti setiap usulan dapat dikabulkan atau diakomodir. Kabupaten OKU ini memiliki keterbatasan anggaran. Maka itu usulan yang disampaikan harus mengedepankan skala prioritas dan benar-benar untuk kepentingan masyarakat umum.

BACA JUGA:Beri Edukasi Terkait Pencegahan Terorisme Bagi Penerus Bangsa, Ini Penjelasan BNPT...

Dengan hal tersebut. Meski anggaran Kab OKU yang terbatas, akan tetap dapat mengakomodir keinginan masyarakat yang ada di 13 kecamatan di wilayah Bumi Sebimbing Sekundang. Hal ini akan menciptakan pembangunan yang merata disetiap wilayah tanpa mengenyampingkan keinginan masyarakat itu sendiri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: