Optimalisasi Layanan, Kemenkumham Sumsel hadiri Rakor Pelaksanaan dan Evaluasi Tarja AHU Tahun 2023

Optimalisasi Layanan, Kemenkumham Sumsel hadiri Rakor Pelaksanaan dan Evaluasi Tarja AHU Tahun 2023

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumsel, didampingi Kabid Pelayanan Hukum serta Kasubbid Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU) menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi Target Kinerja Direktorat Jenderal Admi--

BACA JUGA:Wujud Peduli Sesama, Petugas Lapas Sekayu Lakukan Ini...

Lebih lanjut, terkait dengan evaluasi pelaksanaan Tarja Kanwil Tahun 2022, Cahya menambahkan bahwa terdapat 4 hal yang menjadi poin pokok yang mesti menjadi antensi bagi Kantor Wilayah.

Pertama, Kanwil telah melaksanakan Tarja sesuai dengan panduan yang dilaksanakan.

Kedua, rata-rata nilai target kinerja Kanwil diatas 80.

Ketiga, Kanwil telah melaporkan Tarja secara tepat waktu. Terakhir, perlunya melakukan pendalaman materi mengenai layanan AHU dan PMPJ.

BACA JUGA:Bank Mandiri Kenalkan Kartu Kredit Khusus Pecinta Golf, Ada Banyak Paket Promonya..

Cahyo menghimbau mengenai urgensi Indonesia menjadi anggota FATF.

“Indonesia berkomitmen penuh untuk menjadi anggota FATF pada putaran siding Pleno FATF bulan Juni 2023 mendatang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemenkumham perlu melakukan rencana aksi di bidang Benefical Ownership dan Pengawasan Notaris”, imbuh Cahyo.

Peran Kanwil dalam keanggotaan FATF, dikatakan Cahyo, perlunya untuk melakukan pengawasan langsung kepada notaris dengan mendorong pengisian kuisioner PMPJ, melakukan rekapitulasi sanksi, mendorong notaris untuk melakukan registrasi GO-AML, serta Sosialisasi terkait PMPJ dan Benefical Ownership.

BACA JUGA:KEREN, BNI Rilis Kartu TapCash Spesial Desain NCT 127 ‘2 Baddies’, Penggemar K-Pop Buruan Beli..

Sementara itu Kadivyankumham, Parsaoran Simaibang menyebut bahwa Kanwil Kemenkumham Sumsel telah menggelar sosialisasi Layanan AHU di Wilayah Sumatera Selatan mengenai Kebijakan Pelaporan Pemilik Manfaat ini.

Diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari Notaris, MPW, MPD, MKN, dan pegawai Kemenkumham Sumsel. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 7 s.d. 9 Februari 2023 lalu.

Dikatakan Simaibang, saat ini, jumlah Korporasi di wilayah Sumsel adalah 35.674 dan yang telah mengisi Beneficial Ownership berjumlah 9.597 atau sebanyak 26,90%. 

Sementara itu, data pengisian kuesioner PMPJ dari PPATK di Sumsel pada tahun 2022 yang sebanyak 27 orang dari 457 Notaris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: