Donat Cemilan Alternatif Setelah Berbuka, Ini Cara Membuatnya

Donat Cemilan Alternatif Setelah Berbuka, Ini Cara Membuatnya

Donat Cemilan Alternatif Setelah Berbuka-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- Donat biasa disantap saat sarapan sebagai teman minum kopi atau teh. Namun di bulan Ramadhan kita tetap bisa menikmati donat setelah berbuka atau sepulang tarawih.

Tetapi sesekali mau juga dong menikmati donat masakan sendiri, tidak meluluh beli di toko roti. Tapi repot dan tidak tahu resepnya, gimana dong.

Jangan buru-buru bilang gak ribet dan tidak tahu cara memasaknya. Karena bikin donat itu gampang kok, bahannya juga mudah didapati. Simak ya.

Siapkan dulu bahan-bahannya :
- 3 butir telur ayam
- 250 gram gula pasir
- 1/2 sendek teh garam
- 200 gram margarin
- Susu bubuk sekitar 1-2 sendok makan
- Setengah bungkus ragi instan (1sendok makan)
-  500 gramTepung terigu
-  1 liter minyak Goreng

Caranya :

Campurkan telur, gula, garam, dan ragi instan, tidak perlu mixer kocok/aduk-aduk dengan sendok.  Kemudian tambahkan margarin dan susu. Setelah semuanya raya masukkan tepungnya dan ulenin sampai bisa dibentuk /tidak lengket.

Setelah itu cetaklah donat dengan cetakannya atau bisa juga dibentuk sesuai selera ya. Tutup semua donat yang sudah dicetak dengan kain bersih, tunggu sampai donatnya naik/mengembang.

Lalu siapkan wajan diatas kompor dan masukan minyak goreng. Hidupkan kompor biarkan minyaknua panas dahulu. Setelah minyak panas, kecilkan api kompornya, agar donat yang digoreng bisa masak perlahan dan tidak gosong.

Setelah minyak dirasa cukup panas, masukan satu persatu donat yang sudah siap digoreng. Sebaiknya jangan langsung banyak ya, tapi masukan dulu satu atau dua donat untuk melihat apakah suhu minyaknya sudah pas.

Setelah dirasa pas, baru masukan kembali donat yang akan digoreng secukupnya ya jangan terlalu banyak, agar lebih muda membolak balikan donatnya, sehingga masaknya merata.

Setelah donat berubah warna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Donat sudah bisa kamu nikmati dalam bentuk ori, atau bisa juga kami tambahkan toping gula halus, coklat, seleh atau sesuai selera kamu ya.

Nah gak ribetkan buat donatnya. Memasak sendiri selain lebih ekonomis, kamu juga bisa berbagi dengan tetangga atau saudara. Karena dengan bahan-bahan tersebut kamu bisa mendapatkan banyak donat dan bisa membentuk dan memberikan toping sesuai selera kamu sendiri. Selamat mencobanya di rumah ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id