Ini Kata Walikota Lubuklinggau Tentang Pembentukan Provinsi Sumselbar Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan...

Ini Kata Walikota Lubuklinggau Tentang Pembentukan Provinsi Sumselbar Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan...

Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Sumsel Barat Tuntas 2024: Dukungan Kuat Masyarakat Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Misalnya yang pertama untuk kesiapan infrastruktur sebagai ibukota provinsi relatif lebih baik daripada kabupaten/kota yang lain.

Dimana, Kota Lubuklinggau sebagai daerah paling maju di Sumsel setelah Kota Palembang, tentu sarana/prasarananya bisa mendukung kesiapan sebagai ibukota provinsi baru.

BACA JUGA:5 Calon Daerah Otonomi Baru di Provinsi Lampung, 2 Diantaranya Tinggal Tunggu Moratorium Dicabut...

BACA JUGA:3 Usulan Daerah Otonomi Baru di Kabupaten Muba Provinsi Sumsel, Salahsatunya Kabupaten Muba Timur...

Kemudian yang kedua, secara faktor geografis, Kota Lubuklinggau sebagai kota transit menjadi perlintasan lalulintas dari dan ke berbagai daerah.

Dan hal itu tentu menjadi salah satu sisi positif dari Kota berjuluk Bumi Silampari tersebut.

Terus yang ketiga faktor sosial politis. Dan faktor ketiga ini biasanya tak kalah penting untuk menentukan ibukota provinsi baru.

Hal itu terkait figur tokoh dari Lubuklinggau berperan dominan atau tidak dalam presidium pemekaran ibukota provinsi baru itu.

BACA JUGA:Ini Alasan dan Penyebab 9 DOB Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan Belum Disetujui...

BACA JUGA:8 Kabupaten/Kota Baru di Provinsi Sumsel, Banyuasin dan Muara Enim Pecah Lagi, Ini Lengkapnya...

‘’Artinya bagaimana peran tokoh-tokoh dari Kota Lubuklinggau memiliki akses di Kemendagri, Dirjen Otoda maupun Komisi II DPR RI yang konsen dalam pemekaran daerah, dan lainnya,” tutur Eka Rahman.

Sementara dari faktor politis ini juga menjadi titik lemah Kota Lubuklinggau. Sebab tokoh atau figur yang ada di eksekutif atau legislatif di tingkat pusat itu saat ini banyak berasal dari Kabupaten Lahat, dan Kota Pagaralam.

Jadi, itulah beberapa pertimbangan yang menjadikan peluang Kota Lubuklinggau yang sangat potensial sebagai ibukota Provinsi Sumselbar nantinya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: