Kemenag Kota Palembang Gelar Pembukaan Manasik Haji Tahun 2023

Kemenag Kota Palembang Gelar Pembukaan Manasik Haji Tahun 2023

Para jamaah calon haji saat hadiri pembukaan manasik haji di Masjid Agung Jayo Wikramo, Rabu (10/5/2023).--

PALEMBANG, PALPOS.ID –  Pembukaan manasik haji tingkat kabupaten/kota telah dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kota PALEMBANG di Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin Jayo Wikramo dengan tema ‘Ramah Lansia ‘ pada, Rabu (10/5/2023).

“Sesuai dengan jadwal yang telah kita rencanakan bahwa hari ini dilaksanakan kegiatan manasik haji tingkat kabupaten kota di kota Palembang, ini adalah hari yang pertama sekaligus kita melaksanakan acara pembukaan,” ujar Abdul Rosyid selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palembang saat diwawancarai langsung.

Ia mengatakan, jika kegiatan manasik haji ini nantinya juga akan dilaksanakan di tingkat kecamatan hingga delapan hari kedepan.

BACA JUGA:Balita Tenggelam Asal Kedaton Ditemukan di Tanjung Serang, Begini Kondisinya...

“Kemudian setelah selesai delapan hari, kita melaksanakan tingkat manasik haji tingkat kecamatan baru baru di hari terakhir nantinya kembali kita melaksanakan manasik haji di masjid agung ini kita kita laksanakan penutupan, dan insya Allah itu akan kita laksanakan pada tanggal 20 Mei 2023,” katanya.

Ia mengungkapkan jika dari data yang ada, hingga saat ini terdapat 3.227 jamaah calon haji yang telah melakukan pelunasan.

"Tidak ada kuota cadangan, nah kuota cadangan kita ini yang sudah melakukan pelunasan sekitar 160,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pencarian Balita Tenggelam di Sungai Komering Berlanjut, Tim Gabungan Menyusuri 10 KM dari Titik Awal

Ia menyebutkan, untuk biaya haji tahun 2023 sekitar Rp49 juta hingga Rp50 juta per orang.

Ia menjelaskan, jika jamaah haji yang berangkat tidak hanya jamaah tahun 2023 akan tetapi juga jamaah haji tahun 2020 hingga 2022 yang tertunda keberangkatannya karena pandemi Covid-19.

“Beberapa jamaah yang seharusnya berangkat pada tahun 2020 2021 2022 dan 2023, jadi jamaah yang sudah lunas namun tentunda karena covid-19,” jelasnya.

BACA JUGA:Lakalantas Korban Tewas Mengenaskan, Ternyata Hoax

Ia mengimbau kepada  jamaah calon haji lansia untuk tetap menjaga kesehatan agar dapat fokus melaksanakan ibadah haji.

“Untuk calon jamaah pertama Karena calon jamaah kita ini banyak yang lansia,bahkan jamaah kita ini yang paling tertua itu berumur 101 tahun, agar selalu jaga kesehatan sampai pemberangkatan dan fokus terhadap pelaksanaan ibadah tidak usah mikirin apa-apa lagi,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: