Peringatan di Hari Kartini, Ini Harapan Pj Bupati Muba Kepada Kaum Perempuan

Peringatan di Hari Kartini, Ini Harapan Pj Bupati Muba Kepada Kaum Perempuan

Peringatan di Hari Kartini, Ini Harapan Pj Bupati Muba Kepada Kaum Perempuan. --Kominfo Muba

SEKAYU, PALPOS. ID- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Seminar dan Talkshow Hari Kartini bertajuk “Perempuan Kokoh dan Tangguh sebagai Pelopor Anti Kekerasan”, Senin 22 Mei 2023.

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud menngungkapkan perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka juga mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki.

"Untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya," kata Apriyadi.

BACA JUGA:Musni Wijaya Kukuhkan MPK Kabupaten Muba Periode 2023-2024

Namun, lanjut Apriyadi kenyataan yang ada di lapangan belum seperti yang diharapkan.

" Masih banyak tantangan - tantangan  yang harus dihadapi dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. terutama dalam mengatasi kekerasan terhadap perempuan." Jelasnya.

Masih menurut Apriyadi ,Melihat dari banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi, disebabkan banyaknya faktor seperti  masalah ekonomi, budaya patriarki, pernikahan dini, hingga rendahnya kesadaran hukum.

BACA JUGA:3 Danau Terkenal di Tanah Minang, Pesonanya Mengaggumkan

"Kekerasan yang dialami baik berupa fisik maupun psikis, yang dapat berdampak fatal seperti gangguan psikis, cacat hingga kematian," jelasnya

Kemudian Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini juga menyampaikan, melalui Peringatan Hari Kartini ke-144, diharapkan menjadi  momen penting untuk lebih mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat guna memberikan perhatian, meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan terhadap perempuan dan anak.

" Melalui seminar nasional yang diadakan sebagai tonggak awal upaya perlindungan terhadap hak-hak perempuan dan anak." Ucapnya

BACA JUGA:Joncik Maknai Harkitnas Adalah Memperingati Perjuangan Bersama

Ditambahkan Apriyadi, tema utama seminar nasional dalam rangka peringatan hari kartini ke-144 ini adalah perempuan kokoh dan tangguh sebagai pelopor anti kekerasan.

" Tema ini dibangun untuk mendukung kekuatan dan keberanian perempuan dan lingkungan sekitarnya agar memiliki respon cepat dalam melakukan upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, perlakuan diskriminatif, dan lain-lainnya." Harapnya

"Kami mengucapkan selamat hari kartini. Jadilah perempuan berdaya, cerdas intelektual, cerdas emosional dan  cerdas spiritual, selalu menebarkan pemikiran positif, penuh percaya diri, tangguh, mampu menjalankan peran dalam berbagai aspek kehidupan secara seimbang dalam kesetaraan dan mempunyai semangat mandiri dalam berbagai profesi. " Pungkasnya*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: