Ada alasan tersendiri ketika kendaraan di bangun dengan platform yang sama

Ada alasan tersendiri ketika kendaraan di bangun dengan platform yang sama

Salah satu Produksi Kendaraan dengan memakai Platform Sharing diantaranya Mitsubishi L-300 dengan Isuzu Bison.--

Isuzu Bison hadir di tahun 2010. Dari tampilan antara Mitsubishi L-300  dengan Isuzu Bison  terlihat sama persis namun  berbeda dari segi dimensi ukuran tinggi yaitu pada Isuzu Bison berukuran 1.895 mm sedangkan Mitsubishi L-300 berukuran 1.845 mm.

Hal tersebur posisi mesin Isuzu Bison lebih rendah dari Mirsubishi L-300, namun racikan kaki-kaki Isuzu Bison di klaim lebih kokoh dan tangguh.

Dari harga jual barunya Isuzu Bison lebih mahal dari Mitsubishi L-300, tapi berbanding terbalik dengan harga bekasnya.

BACA JUGA:Hyundai Creta kompak SUV Terbaik dan tercanggih di Kelasnya

7.  Isuzu Panther Touring dan Chevrolet Travera

Kesuksesan Isuzu Panther  membuat Isuzu Panther mengeluarkan produk seri teratas dari Panther yaitu Isuzu Panther Touring dan Chevrolet pun me rebagde mobil Isuzu Panther Touring dengan nama Chevrolet Travela.

Mobil Suv 7 penumpang ini antara Isuzu dengan Chevrolet menggunakan basis yang sama dari interior maupun eksteriorhanya saja dapur pacu di Chevrolet Travela menggunakan mesin Opel Blazer Montera 2.2 Liter GM Family II C22NE 4 Silinder Segaris SOHC berteknologi Multi Port Fuel Injection, mampu memeras tenaga 116 PS pada 5.000 rpm dengan torsi maksimal 180 Nm pada 3.600 rpm sedangkan Isuzu Panther Touring menggunakan dapur pacu bermesin diesel 2.5 L 4JA-1 injeksi, Diesel Normally Aspirated atau dengan Low Charge Turbocharger 80 PS pada 3.500 rpm dan torsi tipe N/A 170 Nm (17,5 Kgm) pada 2.300 rpm dan versi Turbo 192 Nm (19,5 Kgm) pada 1.800 rpm.

BACA JUGA:Ridho Yahya Lepas 220 Warga Prabumulih Berangkat Haji

Itulah beberapa jenis mobil dengan platform sharing dengan tujuan untuk menekan biaya riset dan hal tersebut sangat lumrah dilakukan oleh pabrikan kendaraan.

Bahkan sesama satu merek  yang sama pun menggunakan platform sharing seperti Toyota Innova reborn memakai basis dari Toyota Hilux dan Toyora Fortuner, Suzuki XL-7 memakai sasis Ertiga dan masih banyak lagi mobil-mobil memakai basis yang sama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: