Sumsel Provinsi Paling Tajir dengan PDRB Setara Negara Iran, Berikut 10 Fakta Menarik Sumsel

Sumsel Provinsi Paling Tajir dengan PDRB Setara Negara Iran, Berikut 10 Fakta Menarik Sumsel

Sumsel provinsi paling tajir di Indonesia dengan PDRB setara negara Iran-Foto : Tangkapan layar Yotube @mahasiswa geografi-

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba. 

Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatra Selatan. 

Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar.

Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan. 

Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten OKU Selatan.

8. Penyelenggara Asian Games 2018

Palembang pernah dipercaya sebagai salah satu kota peyelenggara event olahraga Asian Games di tahun 20118 lalu mendapingi Jakarta. 

Sebagai tuan rumah Asian games, di Palembang terdapat kawasan olahraga terpadu Jakabaring Sport City (JSC). 

Bahkan, untuk menuju ke kawasan ini dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, bisa langsung menggunakan LRT.

9. Daerah Penghasil Migas  

Sumatera Selatan juga dikenal dengan Sumber Daya Alam (SDA), bahkan menjadi lima daerah penghasil migas terbesar di Indonesia. 

Sejumlah perusahaan migas beroperasi di beberapa daerah. Seperti; Musi Banyuasin, Banyuasin, Muara Enim, Pali, dan Lahat.

Sumatera Selatan mampu menghasilkan minyak mentah sebesar 30.718 barrel per hari dan kondesat sebanyak 10.339 barrel. Semua blok minyak yang berada di Sumatera Selatan ini dikelola oleh Pertamina, Medco, Talisman, Conoco Philips dan Golden Spike, dan beberapa perusahaan migas lainnya.

10. Dihuni 12 Suku  

 Sumatera Selatan dengan luas wilayah 91.592 kilometer persegi, dan dihuni lebih dari 8 juta penduduk, memiliki keberagaman suku bangsa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: