56 Desa di OKI akan Gelar Pilkades Serentak, Pemerintah Kabupaten Bersiap

56 Desa di OKI akan Gelar Pilkades Serentak, Pemerintah Kabupaten Bersiap

rapat persiapan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023, di kantor bupati, Selasa (13/6/2023).-Foto : Istimewa-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Sebanyak 56 desa yang berada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada, Senin, 26 Juni 2023.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI tengah menggelar rapat persiapan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut di kantor bupati, Selasa, 13 Juni 2023.

Dalam rapat, Bupati OKI, Iskandar SE menginstruksikan agar seluruh panitia Pilkades harus sudah bersiap-siap, baik yang berada di tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa.

BACA JUGA:Kasus Tawuran Belum Ditemukan, Polres OKI Tetap Melakukan Upaya Pencegahan

Orang nomor 1 di OKI ini mengharapkan, agar seluruh pihak yang telah ditunjuk dalam surat keputusan supaya bekerjasama dan saling berkoordinasi.

"Berkordinasi jika ada kendala dalam persiapan dan pelaksanaan. Dimana Pilkades ini bukanlah yang pertama kalinya dilaksanakan. Tentu kita sudah memiliki pengalaman," ungkap adik kandung Hatta Rajasa ini.

Menurut Iskandar, mereka tentu telah mengetahui kemelahan-kelemahan dalam penyelenggaraan Pilkades. Sehingga saat pelaksanaan pilkades nanti akan meningkatkan kewaspadaan supaya penyelenggaran berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Dalam Satu Malam Kebakaran Terjadi di Dua Desa Wilayah OKI

"Saya mewanti terkait jumlah DPT, jumlah kertas suara hingga tata tertib pemilihan agar telah disepakati oleh masing-masing para calon kepala desa. Agar dipastikan DPT dan jumlah kertas suara disepakati bersama oleh panitia dan para calon,"ujarnya.

Ia menambahkan, hal itu krusial jika ada persoalan di kemudian hari agar diselesaikan di tingkat desa. Dirinya berpesan, perangkat daerah yang melakukan monitoring agar benar-benar menjalankan tugas dengan baik.
.
"Silahkan turun H-1 sebelum pelaksanaan. Pastikan kesiapan tiap TPS baik perangkat administrasinya, panitia pelaksananya dan laporkan ke koordinator setiap zona agar setiap kendala dapat ditanggulangi," tuturnya.

BACA JUGA:Satu Unit Rumah Panggung Milik Warga Celikah OKI Ludes Terbakar

"Dukungan dan kerjasama seluruh pihak sangat diperlukan. Terutama dari sub kepanitian di kecamatan, mulai dari Camat, Kapolsek, Danramil yang sangat dekat dan bersentuhan langsung dengan kegiatan Pilkades," imbuhnya.

Iskandar meminta, Forkopimcam dapat mengontrol jalannya setiap tahapan Pilkades serentak dan memastikan semua berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: