Festival Makanan Lorong Roda, Gairahkan Bisnis UMKM Daerah

Festival Makanan Lorong Roda, Gairahkan Bisnis UMKM Daerah

Festival Makanan Lorong Roda, Gairahkan Bisnis UMKM Daerah--Humas

Lanjut Rudi, kegiatan festival tersebut berpotensi menciptakan pasar mandiri, sehingga dapat menjadi destinasi wisata baru di Palembang.

Dengan demikian, masyarakat akan semakin mandiri secara ekonomi melalui kreativitas dan peningkatan nilai pada produk bingen, pangan khas Palembang.

BACA JUGA:Inilah 3 Mall Mewah di Provinsi Bengkulu, Ada Mall Dekat Pantai Panjang Dan Pasar Tradisional Lho...

"Kami berharap produk yang dihasilkan oleh UMKM di festival ini dapat menjangkau masyarakat lebih luas, bahkan di luar Sumatera Selatan,"  tambah Rudi.

Menurut Rudi, nantinay para pelaku UMKM di lokasi tersebut juga akan didorong untuk go dogital melalui inisiatif Livin' Merchant sehingga seluruh transaksi dapat terdigitalisasi dan meningkatkan efisiensi operasional UMKM.

Dengan demikian, kegiatan tersebut juga sangat mendukung program literasi keuangan.

Utamanya, perluasan layanan keuangan ke masyarakat (access to  finance), seperri telah ditetapkan oleh pemerintah dan regulator di bidang perbankan dan lembaga keuangan.

"Melalui transaksi digital yang didukung oleh Bank Mandiri itu, kegiatan operasional UMKM akan lebih efisien. Mereka juga terbiasa dengan model pasar san transaksi yang saat ini semakin berkembang, yakni 'Go Digital,'" tutur Rudi.

BACA JUGA:Pukau Warga Palembang, iForte Turut Ramaikan Festival Sriwijaya bersama Wali Band dan Umumkan Para Pemenang

Sejalan dengan itu, Bank bersandi saham BMRI ini konsisten mengucurkan pembianyaan ke segmen UMKM. Hingga Maret 2022, penyaluran kredit Bank Mandiri kepada segmen UMKM tumbuh 9.99 yeas on year (yoy) menjadi Rp111.08 triliun.

"Dukungan pembianyaan dan festival Lorong Roda yang berperan sebagai sarana pemasaran ini juga sejalan dengan salah satu fungsi BUMN sebagai agen pembangunan dan agen pencipta nilai, baik nilai ekonomi maupun nilai sosial," tukas Rudi.

Dalam kegiatan ini, Bank Mandiri juga akan memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada para pemenang yang terdiri dari peserta kegiatan festival.

Indikator pemenang akan diambil dari UMKM yang mampu meraih volume penjualan terbesar.

Hadiah yang diberikan berupa alat- alat pendukung pembuatan kue- kue tradisional.

BACA JUGA:Wawako Minta PLN Beri Sosialisasi Pencegahan Korsleting Listrik pada Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: