Cegah TPPO Imigrasi Muara Enim Perketat Pengawasan Permohonan Paspor

Cegah TPPO Imigrasi Muara Enim Perketat Pengawasan Permohonan Paspor

Cegah TPPO, Imigrasi Muara Enim perketat pengawasan permohonan paspor.-Foto : Istimewa-

MUARAENIM,PALPOS.ID - Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim berikan sosialisasi kepada Pegawaidan PPNPN Kantor Imigrasi kelas II no TPI Muara Enim.

Arahan disampaikan Kakanim Misnan, mengenai pencegahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terhadap korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bertempat diruang rapat Kanim Muara Enim  

KakanimMisnan, Minggu (25/6/2023) mengatakan, bahwa setiap permohonan yang diajukan untuk pelayanan paspor dilakukan ketelitian dan pendalaman keabsahan dokumen yang ditelitian dan pendalam keabsahan dokumen yang dipersyaratkan.

BACA JUGA:Terima Kunjungan Plt Dirkamtib, Lapas Perempuan Palembang Komitmen Laksanakan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju

Walaupun dalam proses wawancara memakan waktu yang lebih lama, hal itu demi menekaan terjadinya TPPO, khususnya pada Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Muara Enim.

“Maraknya TPPO yang menjadi isu nasional dan pemerintah, kita harus perketat pengawasan terhadap dokumen yang dipersyaratkan, inilah tugas seksi Inteldakim dalam pengawasan, TPPO bukan hanya urusan Imigrasi, melainkan juga apparat terkait,” tegas Kakanim.

Misnan menekankan seluruh jajarannya untuk selalu berkoordinasi, jika sitemukan suatu kejanggalan yang mencurigakan, agar dipastikan petugas melaporkan kepad Kepala Seksi secara berjenjang.

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Gelar Bakti Sosial di Desa Quran

Pada kasusu tertentu, lanjut Misnan, dalam melakukan verifikasi keabsahan dokumen kepada instansi terkait yang berwenang mengeluarkan dokumen, diperlukan waktu yang akan memperlamba proses penyelesaian paspor. Hal itu guna memastikan keamanan serta itegritas paspor.

“Memperketat prosedur dan SOP pemberian paspor kepada pemohon, merupakan satu- satunya solusi dalam menghadapi TPPO. Selain tetap mengedepankan apsek Pelayanan Prima yaitu 5 S, Senyum, Spa, Salam, Sopan dan Santun,” tambanya.

Pada kesempatan itu, masing- masing kepala seksi turut memeberikan masukan, diantaranya Kepala Seksi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian, kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian dan Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian.

BACA JUGA:KAI Divre III Palembang Siapkan 31.312 Tiket, Jelang Libur Sekolah dan Idul Adha 2023

Sosualisasi juga diikuti secara virtual oleh jajaran UKK Musi Rawas, UKK OKU dan UKK Lubuklinggau.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya secara terpisah mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran Kanim Muara Enim.

Ilham menambahkan, peran penting Imirasi dalam mencegah dan penangan tindak pidana perdagangan orang, menjadi atensi bersama yang memerlukan sinergitas lintas instansi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: