Momen Tahun Baru Islam, Kemenag OKI Imbau Perbanyak Instrospeksi Diri

Momen Tahun Baru Islam, Kemenag OKI Imbau Perbanyak Instrospeksi Diri

Kasi Bimas Islam Kantor Kementrian Agama OKI, H Ismid SAg-Foto : Prabu/Palpos-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - 1 Muharram 1445 H atau tahun baru Islam jatuh pada tanggal 19 Juli 2023. Menyambut momen ini, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten OKI mengimbau masyarakat perbanyak instrospeksi diri.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag OKI, H Syarip melalui Kasi Bimas Islam, H Ismid SAg saat dikonfirmasi Palpos.Id, Selasa, 18 Juli 2023.

"Imbauan kita, saat perayaan tahun baru Islam ini perbanyaklah Istrospeksi dan berserah diri kepada Allah. Bisa dengan pengajian akbar atau Istighosah bersama," ungkapnya.

BACA JUGA:Di OKI Masih Belum Ditemukan, Begini Tanggapan Dewan Terkait Sekolah Paksa Beli Buku

Menurutnya, hal itu lebih baik daripada berhura-hura. Dengan adanya pengajian akbar, manfaatnya bisa juga mempererat persaudaraan dan menimbah Ilmu dari para Da'i.

"Yang jelas berdoa bersama dan meminta semoga kedepan lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk Indonesia juga, semoga di tahun politik ini tidak terjadi apa-apa, aman, dan damai," ujarnya.

Ia menambahkan, momen tahun baru Islam mengandung kisah Peristiwa Hijrah Rasullallah SAW dari Mekkah ke Madinah. Dimana banyak tantangan yang dihadapi Rasullallah saat mengembangkan Islam di Mekkah.

BACA JUGA:Kunjungan ke OKI, Menteri Pertanian Ajak Tingkatkan Produktifitas Kebun Rakyat

"Tantangan itu datang dari Kafir Quraisy. Rasullallah dihujat bahkan pernah dilempar batu. Kemudian, saat hijrah ke Madinah, di sana beliau diterima masyarakatnya dengan baik," tuturnya.

Sehingga dikatakannya, Islam dapat berkembang dengan baik. Menurutnya, hijrah jangan diartikan dalam artian yang sempit saja tapi juga dalam artian luas.

"Artinya, kalau kita sikapi dari sekarang ini. Dengan berhijrah dan kembali ke jalan yang benar, barang kali sesuatu yang selama ini dirasakan sulit dapat teratasi dan menjadi lebih baik," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: