Sumur Bor di Buluh Cawang Diduga Keluarkan Gas Alam, Warga Sebut Kapolda Bakal Kunjungi TKP

Sumur Bor di Buluh Cawang Diduga Keluarkan Gas Alam, Warga Sebut Kapolda Bakal Kunjungi TKP

Fauzi, salah satu warga Dusun I, Desa Buluh Cawang, Kecamatan Kayuagung saat menunjuk sumur bor yang diduga mengeluarkan gas alam.-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Warga Dusun I, Desa Buluh Cawang, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sempat heboh setelah ditemukan penggalian pembuatan sumur bor diduga keluarkan gas alam.

"Ini rencananya juga namun masih belum pasti, kata orang Polsek Kayuagung kemarin, nanti bakal ada kunjungan dari Pertambangan Provinsi dan Kapolda Sumsel untuk melihat TKP," ungkap Fauzi (37), Warga desa setempat, Sabtu, 22 Juli 2023.

Namun menurut Fauzi, dirinya tidak mengetahui kapan pastinya kunjungan dari Pihak Pertambangan dan Kapolda Sumsel tersebut, begitu juga jadi atau tidaknya.

BACA JUGA:Bupati Iskandar Lepas Sambut Dandim 0402/OKI

"Pada hari Senin, 17 Juli 2023, kalau tidak salah ada kunjungan dari Polsek Kayuagung dan Pak Camat. Lalu pihak Polsek Kayuagung membuat Police line dan meminta untuk sementara jangan ada aktivitas apa pun di area seputar TKP," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelum ditutup Police line dan saat awal diketahui, memang sempat membuat warga sekitar heboh. Tapi Alhamdulilah, sepertinya sekarang wargasudah mulai adem atau tenang.

"Dikatakan panik tidaknya, saya juga sebenarnya cukup panik waktu itu. Karena barang model inikan berbahaya, takutnya nanti gas itu bisa menyebar kemana-mana," tuturnya.

BACA JUGA:Melalui Dana CSR, BSB Kayuagung Berikan Bantuan untuk Pembangunan Gereja HKBP

Masih kata Fauzi, peristiwa itu diketahui pertama kali pada hari Sabtu, 15 Juli 2023. Ketika itu penggali Sumur Bor bernama Beno menggali hingga mencapai 8 meter.

"Saat air keluar, dia penasaran kenapa air itu seperti bercampur minyak. Kemudian, anaknya berkata "bapakkan ada korek, coba dites aja". Saat dites ternyata mengeluarkan api," imbuhnya.

Dikatakannya lagi, setelah mengetes dengan korek dan mematikan api kembali. Beno pulang untuk mengabari kakaknya dan dia. "Saat dicek ternyata benar adanya,"ucapnya.

BACA JUGA:22-23 Juli, Jemaah Haji Asal OKI akan Bergeser ke Madinah

Lebih lanjut, dia berharap jika memang gas alam di sana banyak mereka juga butuh. Syukur-syukur menurutnya, kalau benar banyak bisa merubah kehidupan masyarakat Buluh Cawang.

"Jadi ada penghasilanlah dari desa Bulu Cawang. Jadi mungkin kita menyediakan tempat, lalu pihak lain mengelola sehingga ada lapangan pekerjaan," pungkasnya.

Sementara saat ditemui di kediamannya untuk dikonfirmasi, berdasarkan keterangan anaknya, Kades Buluh Cawang Syafrudin sedang berada di Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: