Ini Fakta Menarik Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Ini Fakta Menarik Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Pemekaran Daerah di Provinsi Riau: Antara Harapan dan Kekhawatiran.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Menariknya, Kota Dumai juga termasuk kota industri. Sebab, banyak perusahaan besar beroperasi. Seperti perusahaan kelapa sawit, perusahaan Petrokimia, dan perusahaan perkapalan.

Kekayaan alam Kota Dumai juga melimpah utamanya minyak bumi, gas alam dan kelapa sawit. Selain itu, juga terkenal sebagai penghasil ikan tuna dan udang kualitas tinggi.

BACA JUGA:Ternyata Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

BACA JUGA:Usulan Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Riau 1 Kota dan 4 Kabupaten Bergabung Provinsi Riau Pesisir

Disisi lain, Kota Dumai memiliki sejarah panjang berasal dari zaman Kerajaan Melayu. Dimana daerah ini dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan rempah dan hasil bumi.

Kota ini memiliki keanekaragaman budaya yang kaya dan dihuni oleh berbagai suku dan agama yang berbeda seperti Melayu, Jawa, Batak dan Tionghoa.

Hal ini membuat Dumai menjadi kota yang ramah dan bersahabat dengan banyak tradisi yang masih dijaga dan dilestarikan hingga sekarang.

Bahkan, Dumai juga dikenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Diantaranya ikan bakar, gulai kepala ikan, dan nasi lemak. 

BACA JUGA:Usul Bentuk Kabupaten DOB Pemekaran Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, Sekaligus Pemekaran Kecamatan...

BACA JUGA:Usul Bentuk Daerah Otonomi Baru Kabupaten Rokan Tengah Pemekaran Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau

Bahkan, wisatawan juga dapat menemukan berbagai hidangan laut segar yang diolah dengan cara tradisional dan disajikan dengan cita rasa khas Dumai.

Dumai merupakan kota yang ramah dan bersahabat dengan lingkungan dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan dan perlindungan lingkungan hidup. 

Hal ini tercermin dalam upaya kota dalam mengembangkan wisata berkelanjutan dan menjaga lingkungan alamiah yang mengadopsi konsep kota hijau.

Ada perguruan tinggi berkualitas seperti Universitas Islam Riau dan Politeknik Negeri Dumai. 

BACA JUGA:8 Kecamatan Gabung Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: