Ini Fakta Menarik Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Ini Fakta Menarik Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Pemekaran Daerah di Provinsi Riau: Antara Harapan dan Kekhawatiran.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

DUMAI, PALPOS.IDKota Dumai terkenal sebagai daerah yang kaya akan minyak bumi dan gas atau migas terbesar. Dan penyumbang 30 persen migas untuk Indonesia.

Dan ini fakta menarik Kota Dumai calon ibukota Provinsi Riau Pesisir pemekaran Provinsi Riau, selain sebagai penghasil migas dan perkebunan.

Diketahui, Kota Dumai terdiri dari 7 kecamatan dan 36 kelurahan paling siap dengan fasillitas sebagai calon ibukota provinsi daerah otonomi baru Provinsi Riau Pesisir tersebut.

Dengan luas wilayah 1.727 kilometer persegi, dan jumlah penduduk 331.832 jiwa sesuai hasil sensus penduduk BPS tahun 2022, Kota Dumai sudah termasuk kota maju.

BACA JUGA:Kilang Minyak Terbesar Indonesia Ada di Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

BACA JUGA:Calon Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau Bakal Jadi Provinsi Terkaya di Indonesia

Sementara diketahui batas wilayah Kota Dumai, yakni disebelah utara berbatasan dengan selat Rupat. Kemudian di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Serta sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Tanah Putih dan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.

Diantara fakta menarik itu, ada Pelabuhan Internasional Dumai yang merupakan kota pelabuhan penting di Provinsi Riau.

Dinana, Pelabuhan laut internasional ibukota calon Provinsi Riau Pesisir ini melayani rute pelayaran ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri, seperti ke Malaysia dan Singapura. 

BACA JUGA:Oalah Ternyata Ini Asal Nama Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

BACA JUGA:Batas Wilayah Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Kemudian, Kota Dumai salah satu kota terbesar yang berada di ujung timur pulau Sumatera tepatnya di pesisir Selat Malaka.

Lantas sebagai Kota Pesisir tentu saja Kota Dumai memiliki pantai-pantai yang indah dan menjadi destinasi wisata yang menarik. Seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Tanjung Palas dan Pantai Tanjung Batu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: