Kabupaten Pesisir Selatan Calon Daerah Provinsi Puncak Andalas Pemekaran Gabungan 3 Provinsi

Kabupaten Pesisir Selatan Calon Daerah Provinsi Puncak Andalas Pemekaran Gabungan 3 Provinsi

Kabupaten Pesisir Selatan Calon Daerah Provinsi Puncak Andalas Pemekaran Gabungan 3 Provinsi, yakni Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi dan Provinsi Bengkulu.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Wacana pembentukan Provinsi Puncak Andalas pemekaran gabungan 3 provinsi. Yaitu Provinsi Sumatera Barat alias Sumbar, Provinsi Jambi, dan Provinsi Bengkulu.

Saat ini ada 1 Kota dan 5 kabupaten bergabung calon Provinsi Puncak Andalas yang sudah diperjuangkan sejak tahun 2010 yang lalu itu.

Dari 5 kabupaten bergabung, dua diantaranya dari Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok Selatan.

BACA JUGA:2 Wisata Eksotis Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

BACA JUGA:2 Etnis Tinggal di Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

Serta ada satu calon kabupaten baru Renah Indojati pemekaran Kabupaten Pesisir Selatan juga akan bergabung Provinsi Puncak Andalas.

Selanjutnya dari Provinsi Jambi ada Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Serta satu calon Kabupaten Kerinci Hilir pemekaran Kabupaten Kerinci.

Untuk dari Provinsi Bengkulu satu kabupaten menyatakan diri siap bergabung Provinsi Andalas yakni Kabupaten Muko-muko.

Sedangkan untuk rencana ibukota Provinsi Puncak Andalas sendiri akan berada di Kota Sungai Penuh yang merupakan satu-satunya kota yang bergabung.

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Kaya Emas dan Perak

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat 4 Kabupaten Pilih Pisah dan Gabung 2 Calon Provinsi Baru

Usulan pembentukan Provinsi Puncak Andalas merupakan aspirasi warga dan tokoh masyarakat. Salah satu penggagas Provinsi Puncak Andalas yakni Marzuki Usman mantan Menteri Pariwisata era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

2.Provinsi Sumatera Tengah

Usulan pemekaran Provinsi Sumatera Barat bergabung provinsi lain yakni pembentukan Provinsi Sumatera Tengah atau Sumteng.

Dimana, untuk usulan Provinsi Sumatera Tengah ini Provinsi Sumatera Barat gabung dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: