2 Etnis Tinggal di Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

2 Etnis Tinggal di Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

2 Etnis Tinggal di Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat, yakni etnis Minangkabau dan etnis Jawa.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SOLOK SELATAN, PALPOS.ID – Rupanya hanya ada 2 etnis tinggal di Kabupaten Solok Selatan daerah calon provinsi baru pemekaran Provinsi Sumatera Barat.

Kedua etnis dimaksud yakni etnis Minangkabau dan etnis Jawa. Untuk etnis Minangkabau sendiri terbagi 2 yakni Alam Surambi Sungai Pagu di bagian barat, dan Rantau XII Koto di bagian timur.

Dimana, masyarakat adat Alam Surambi Sungai Pagi tinggal di lembah Muara Labuh sepanjang aliran Batang Suliti dan Batang Bangko. Sementara masyarakat Rantau XII Koto tinggal di daerah sepanjang alirang Batang Sangir.

Disisi lain, etnis Jawa yang ada di Kabupaten Solok Selatan datang sebagai transmigran di wilayah Nagari Sungai Kunyit dan Dusun Tangah. Namun ada juga bekerja sebagai karyawan pabrik.

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Kaya Emas dan Perak

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat 4 Kabupaten Pilih Pisah dan Gabung 2 Calon Provinsi Baru

Secara resmi Provinsi Sumatera Barat tak mengajukan pemekaran wilayah atau pemekaran daerah untuk provinsi baru.

Namun, ada usulan beberapa pemekaran daerah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat atau Sumbar tersebut, terus bergulir hingga saat ini.

Akan tetapi, update terbaru menyatakan Pemekaran Provinsi Sumatera Barat bentuk 2 Provinsi baru, tapi bergabung provinsi lain.

Sebab, beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Barat bersama kabupaten dari Provinsi lain wacanakan bentuk provinsi DOB, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Ini Batas Wilayah Kabupaten Solok Selatan Calon Daerah 2 Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

BACA JUGA:Usulan 2 Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat Buat Kabupaten Solok Selatan Bingung

Adapun kedua provinsi daerah otonomi baru hasil pemekaran gabungan provinsi termasuk Provinsi Sumatera Barat itu, yakni sebagai berikut:

1.Provinsi Puncak Andalas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: