Ini Potensi Kabupaten Dharmasraya Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tengah Pemekaran Gabungan 3 Provinsi

Ini Potensi Kabupaten Dharmasraya Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tengah Pemekaran Gabungan 3 Provinsi

Ini Potensi Kabupaten Dharmasraya Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tengah Pemekaran Gabungan 3 Provinsi, yakni Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi dan Provinsi Riau.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

‘’Jadi saya pilih fokus bangun Dharmasraya. Dahulukan kerja untuk kesejahteraan rakyat. Apalagi saat ini masih berlaku moratorium DOB,” tambah Sutan Riska.

Salahsatu calon provinsi baru pemekaran wilayah di Pulau Sumatera yakni usulan Provinsi Sumatera Tengah atau Sumteng.

BACA JUGA:5 Wisata Pantai Eksotis di Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

BACA JUGA:Ini Fakta Menarik Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Ternyata usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah sendiri masih terganjal moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Sementara terkait syarat semuanya sudah terpenuhi, termasuk minimal 5 daerah bergabung untuk pembentukan calon provinsi DOB tersebut.

Sedangkan diketahui jika Provinsi Sumatera Tengah sendiri akan ada 1 kota dan 6 kabupaten bergabung dalam provinsi daerah otonomi baru ini.

Ketujuh daerah itu, yakni 3 kabupaten dari Provinsi Sumatera Barat, terdiri dari Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Sijunjung.

BACA JUGA:Kilang Minyak Terbesar Indonesia Ada di Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

BACA JUGA:Calon Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau Bakal Jadi Provinsi Terkaya di Indonesia

Selanjutnya dari Provinsi Jambi sendiri ada 1 kota dan 2 kabupaten bergabung, yaitu Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, dan Kabupaten Bungo.

Terakhir, satu kabupaten dari Provinsi Riau tergabung Provinsi Sumatera Tengah, yaitu Kabupaten Kuantan Singingi atau Kabupaten Kuansing.

Dari gabungan 7 daerah tersebut, Provinsi Sumatera Tengah bakal memiliki jumlah penduduk 1.84 juta jiwa, dan luas wilayah 23.1 ribu kilometer persegi.

Sementara untuk rencana ibukota Provinsi Sumatera Tengah akan berada di kawasan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Atau dekat Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.

BACA JUGA:Oalah Ternyata Ini Asal Nama Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: