Forum Pembina Adat Backup Penuh Pj Bupati Apriyadi Mahmud

Forum Pembina Adat Backup Penuh Pj Bupati Apriyadi Mahmud

Ratusan pengurus Forum Pembina Adat Kabupaten Muba, Kamis (10/8/2023) menggelar Rapat Tahunan Forum Pembina Adat di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate.--Kominfo Muba

SEKAYU, PALPOS.ID- Ratusan pengurus Forum Pembina Adat Kabupaten Muba, Kamis (10/8/2023) menggelar Rapat Tahunan Forum Pembina Adat di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Forum Adat Kabupaten Muba, H Zainal Hasan menegaskan akan all out menjaga kondusifitas wilayah jelang kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

"Setahun belakangan ini Kabupaten Muba sangat kondusif, oleh sebab itu kami Forum Adat Kabupaten Muba akan solid memback up sepenuhnya Pj Bupati Apriyadi untuk menjaga kondusifitas wilayah jelang Pemilu dan Pilkada 2024 nanti," ungkap Ketua Forum Adat Kabupaten Muba, H Zainal Hasan.

BACA JUGA:Puluhan Petani di Muba Desak PT SNS Selesaikan Masalah Parit Gajah dan Penutupan Jalan

Menurutnya, saat ini tahapan kampanye meski belum dimulai secara resmi tetapi ada oknum oknum yang sudah melakukan kampanye.

"Kami Forum Pembina Adat di Muba berharap agar tidak memicu konflik dan komitmen menjaga kondusifitas Kabupaten Muba," tegasnya.

Ia menilai, saat ini pendampingan Pemkab Muba terhadap Forum Pembina Adat sangat baik dan pihaknya sangat berterima kasih dengan Pj Bupati Apriyadi Mahmud yang sangat peduli.

BACA JUGA:Muba Contoh Sukses Pemberdayaan SDM Lokal Sektor Migas

"Semoga Forum Pembina Adat di Muba terus bersinergi dengan Pemkab Muba dan memberikan kontribusi positif untuk daerah dan masyarakat," ucapnya.

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud mengatakan, peran Forum Pembina Adat di Muba sangat diperlukan untuk memfasilitasi persoalan adat di Kabupaten Muba.

"Di Muba ini adat istiadat dan budaya masih sangat kental. Karena ada juga persoalan yang bisa diselesaikan melalui adat istiadat, oleh sebab itu peranan Forum Pembina Adat sangat dibutuhkan," ujarnya.

BACA JUGA:Warga Muba Mulai Terima Buku Tabungan

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba ini menambahkan, agar Forum Pembina Adat di Kabupaten Muba yang tersebar di 15 Kecamatan untuk selalu bersinergi dengan Pemkab Muba hingga perangkat Kecamatan.

"Terus bersinergi dengan Pemerintah hingga di tingkat Kecamatan. Agar kondusifitas wilayah di Muba ini terus terjaga," ungkap dia.

Sementara itu, Plt Kadis PMD Muba, Erdian Syahri SSos MSi mengatakan tercatat ada sebanyak 139 pemangku adat yang tersebar di 15 Kecamatan di Muba.

"Pada rangkaian Rapat Tahunan ini juga dilakukan evaluasi perkembangan adat istiadat di 15 Kecamatan di Muba. Selain itu juga dilakukan penyerahan uang kehormatan atau insentif untuk pembina adat di Muba," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: