7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Menggenggam Potensi Emas di Kapuas Raya

7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Menggenggam Potensi Emas di Kapuas Raya

Menggengam potensi emas di calon Provinsi Kapuas Raya yang lolos syarat PP 78 Tahun 2007 -Foto : Tangkapan Layar Youtube @kader jenengan-

KAPUASRAYA, PALPOS.ID - Provinsi Kapuas Raya, Kalimantan Barat - Pemekaran wilayah di Indonesia selalu membawa harapan baru bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan. 

Dalam rangkaian transformasi ini, terbitlah Provinsi Kapuas Raya yang merupakan hasil pemekaran dari Kalimantan Barat. 

Terdiri atas lima kabupaten, yaitu Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Melawi, Provinsi Kapuas Raya memiliki potensi ekonomi yang besar, yang berasal dari hutan, pertanian, dan tambang yang ada di wilayah ini.

BACA JUGA:Profil dan Potensi 7 Calon Provinsi Baru di Indonesia yang Memenuhi Syarat PP 78 Tahun 2007

Kawasan hutan di Provinsi Kapuas Raya menjadi salah satu aset utama yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Sumber daya alam yang melimpah, seperti kayu, rotan, dan produk hutan non-kayu lainnya, memberikan peluang bagi industri kehutanan dan pengolahan kayu. 

Namun, pentingnya pemanfaatan yang berkelanjutan dalam pengelolaan hutan menjadi fokus utama, untuk menjaga keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan.

BACA JUGA:7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Potensi dan Kunikan Tapanuli Pemekaran Sumatera Utara

Sektor pertanian juga mendominasi lanskap ekonomi Provinsi Kapuas Raya. Dengan lahan yang subur dan iklim tropis, pertanian dapat menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. 

Tanaman pangan, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian, menjadi sumber keberlanjutan pangan dan pendapatan bagi masyarakat.

Selain itu, potensi perkebunan seperti karet, kelapa sawit, dan kakao juga memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi lokal.

BACA JUGA:7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Potensi Pertanian Calon Provinsi Kepulauan Nias

Namun, tak kalah penting adalah sektor tambang yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Provinsi Kapuas Raya. 

Berbagai jenis mineral seperti emas, timah, dan bijih besi tersebar di wilayah ini, menciptakan peluang investasi dalam sektor pertambangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: