Masih Banyak yang Tak Patuh, Bapenda Ogan Ilir Lakukan Ini Kepada Pelaku Wajib Pajak

Masih Banyak yang Tak Patuh, Bapenda Ogan Ilir Lakukan Ini Kepada Pelaku Wajib Pajak

Sosialisasi Kepatuhan Pajak: Bapenda Pemkab Ogan Ilir Bergerak untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah-Foto:isro/palpos.id -

OGANILIR,PALPOS.ID - Dalam upaya untuk menyadarkan para pelaku 'Wajib Pajak' yang belum patuh, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mengadakan sosialisasi dan penjelasan kepada para pengusaha rumah makan, restoran, tambang pasir, dan tanah urug.

Upaya itu dilakukan pada Senin, 21 Agustus 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Kantor TP PKK Kabupaten Ogan Ilir.

Acara itu dihadiri Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, Kapolres OI AKBP Andi Baso Rahman, Kajari OI Nursurya, Ketua DPRD OI diwakili oleh Basri M Zahri, serta perwakilan KPK dari Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Tercatat Sejak Awal Agustus Lalu, Lebih dari 100 Hektar Lahan Tidur di Ogan Ilir Terbakar

Kegiatan tersebut juga melibatkan sejumlah tokoh penting. Yujuanya agar dapat memotivasi dan memberikan arahan kepada Wajib Pajak terkait pentingnya mematuhi kewajiban pajak sesuai dengan bidang masing-masing.

Merry Darmawati, Kepala Bapenda Pemkab Ogan Ilir, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak daerah.

"Kita optimis dengan kegiatan ini, bisa meningkatkan PAD, dengan kita lihat sendiri tadi Wajib Pajak sangat semangat dan bagus. Apalagi dengan dukungan penuh Pak Bupati, Kapolres, Kejari, DPRD, dan tim dari KPK," tuturnya.

BACA JUGA:Heboh, Jelang Akhir Jabatan Wawako Prabumulih Kalahkan Walikota

Bupati Panca Wijaya Akbar dan pihak-pihak terkait mendukung penuh kegiatan ini dengan harapan dapat meningkatkan PAD serta menghindari konflik di tengah masyarakat saat penegakan aturan.

Bupati Panca juga mengungkapkan bahwa dari total Wajib

"Pajak retribusi di Kabupaten Ogan Ilir, hanya 60 persen yang berhasil terserap dalam pendapatan daerah. Tahun 2022 ada peningkatan terserap 76 persen. Target meningkat, tetapi capaiannya tak tambah," tukasnya.

BACA JUGA:Kian Mengganas, Kebakaran Lahan Di Ogan Ilir Ancam Keselamatan Pengendara Tol Palindra Dan Warga Sekitar

Dalam upaya untuk meningkatkan persentase ini, Bapenda dan seluruh Forkompimda berupaya menjalin kerjasama dalam menjalankan aturan serta memberikan pembinaan dan pelaporan yang lebih efektif kepada Wajib Pajak.

Forum Paguyuban Kuliner di Ogan Ilir memberikan apresiasi terhadap upaya Pemkab OI dalam mengedukasi Wajib Pajak untuk patuh dalam membayar pajak.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan bahwa kepatuhan Wajib Pajak akan meningkat, dan PAD dapat lebih optimal untuk memajukan Kabupaten Ogan Ilir ke arah yang lebih sejahtera.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: