Hati-Hati ISPA dan Diare Mengancam, Kadinkes Bagikan Tips Untuk Mengantisipasi

Hati-Hati ISPA dan Diare Mengancam, Kadinkes Bagikan Tips Untuk Mengantisipasi

Kadinkes Lubuklinggau, Erwin Armeidi.-Foto: Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Hati-hati, memasuki musim kemarau Inspeksi Saluran Pernafasan atau ISPA mengancam.

Terlebih selama kemarau sejak awal Agustus 2023 hingga saat ini Kota Lubuklinggau belum juga diguyur hujan deras, sehingga debu dan polisi udara memperburuk keadaan. 

Masyarakat juga sudah mulai mengeluhkan gejala ISPA yang mulai menyerang. Selain ISPA, diare juga menjadi ancaman kesehatan di musim kemarau seperti sekarang ini. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi, didampingi Koor Sub Substansi Program, Informasi dan Humas, Adeki Supriadi, Jumat 25 Agustus 2023, membagikan tips pencegahan atau antisipasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar tidak terserang ISPA dan Diare. 

BACA JUGA:Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Berpesan Bantuan Umak Jangan Untuk Beli Rokok atau Game Slot

Menurutnya, kondisi kemarau seperti sekarang tubuh rentan dehidrasi yang berdampak pada daya tahan tubuh.

Karena itu banyak minum air putih merupakan salah satu cara untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, terserang ISPA dan Diare.

Selain itu lanjut Erwin, banyak makan sayuran dan buah juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menjaga sistem imun tubuh atau daya tahan tubuh. 

Polisi udara di luar saat kemarau juga meningkat. Karena itu ada baiknya menggunakan masker untuk mena gkal radikal bebas saat keluar rumah. 

BACA JUGA:Tak Tegerus Oleh Zaman Pesona Mainan Layangan Tetap Primadona

"Dengan menggunakan masker kita bisa menghalau dan meminimalisir debu dan polisi udara yang bisa  terhirup saat kita berada diluar," jelasnya. 

Bukan hanya itu, istirahat yang cukup juga penting bagi tubuh agar tubuh tetap fit. "Jangan lupa olah raga rutin agar tetap bugar," ujar Erwin.

Karena lanjut Erwin, hanya dengan menjaga sistem kekebalan tubuh, ancaman berbagai penyakit termasuk ISPA dan Diare yang banyak dikeluhkan saat musim kemarau bisa diantisipasi. 

Nah itulah tadi tips dari Kadinkes Lubuklinggau dalam mencegah ISPA dan Diare yang rawan terjadi saat kemarau seperti sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: