Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Nusa Utara Jadi Provinsi Terluar Berbatasan Dengan Filipin

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Nusa Utara Jadi Provinsi Terluar Berbatasan Dengan Filipin

Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Kota Tahuna dan Empat Kabupaten Bergabung Menjadi Provinsi Nusa Utara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

MANADO, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Nusa Utara jadi provinsi terluar serta berbatasan dengan Filipina.

Karena wilayahnya itulah sehingga Provinsi Nusa Utara mendesak untuk direalisasikan meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Apalagi dengan memiliki ratusan pulau dan hanya 59 pulau berpenghuni, tentu pulau-pulau tersebut rawan dicaplok negara lain, termasuk sangat berbahaya bila tak dijaga.

Nantinya, Provinsi Nusa Utara nantinya terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten dengan 70 kecamatan serta 413 kelurahan dan desa.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Ini Alasan Pembentukan Provinsi Baru Yaitu Provinsi Nusa Utara

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, 1 Kota dan 4 Kabupaten Gabung Provinsi Nusa Utara

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara, 1 kota dan 4 kabupaten gabung Provinsi Nusa Utara.

Dimana, pemekaran wilayah ini sangat realistis karena letaknya merupakan kepulauan dari jauh dari Kota Manado selaku ibukota Provinsi Sulawesi Utara atau Provinsi Sulut.

Adapun 1 kota dimaksud yakni Kota Tahuna pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bahkan, Kota Tahuna juga akan dijadikan sebagai ibukota Provinsi baru yaitu Provinsi Nusa Utara.

Kemudian, 4 kabupaten lagi yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Talaud Selatan dan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Ternyata Segini Rata-rata Gaji Karyawan Tambang Emas Per Bulan

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Tambang Emas Rakyat di Ratatotok Sudah Sejak Zaman Belanda

Diketahui, Nusa Utara merupakan sebutan bagi kawasan pulau-pulau di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro tersebut.

Kemudian, Nusa Utara merujuk gugus kawasan kabupaten berjejer di batas utara Indonesia. Dimana, kawasan ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan Negara Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: