Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Intip Potensi SDA Mulai Migas Hingga Tambang Emas

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Intip Potensi SDA Mulai Migas Hingga Tambang Emas

Kekayaan Sulawesi Utara: Pemekaran Wilayah, PDRB Tertinggi, dan Potensi Tambang Emas Luar Biasa.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

MANADO, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara, intip potensi SDA mulai migas hingga tambang emas di daerah nyiur melambai tersebut.

Bahkan, sumber daya alam atau SDA sangat berperan untuk perekonomian dan kehidupan masyarakat Provinsi Sulawesi Utara atau Provinsi Sulut.

Dan inilah beberapa sumber daya alam atau SDA yang ada di provinsi yang terkenal dengan Taman Nasional Bunaken serta Kota Bunga Tomohon, yakni sebagai berikut:

1.Minyak Bumi dan Gas Alam atau Migas 

Wilayah Provinsi Sulawesi Utara memiliki potensi sumber daya minyak bumi dan gas alam. Terdapat beberapa lapangan minyak dan gas yang beroperasi di daerah ini, memberikan kontribusi signifikan terhadap penerimaan daerah dan nasional.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Disebut Daerah Nyiur Melambai Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, 4 Kabupaten Surga Tambang Emas, 5 Perusahaan Pemegang Kontrak Karya

2.Sektor Tambang 

Beberapa jenis mineral dan batu-batuan seperti nikel, kobalt, emas, perak, dan batu bara dapat ditemukan di Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan penambangan memberikan dampak ekonomi, namun juga harus diatur dengan baik untuk meminimalkan dampak lingkungan.

3.Sektor Perikanan 

Provinsi Sulut ini memiliki potensi sumber daya perikanan yang melimpah, terutama di sektor perikanan laut. Masyarakat di pesisir Sulawesi Utara mengandalkan perikanan sebagai mata pencaharian utama.

4.Sektor Kehutanan 

Provinsi Sulawesi Utara memiliki hutan tropis yang penting untuk keanekaragaman hayati dan fungsi ekologis. Namun, eksploitasi yang tidak terkendali dapat mengancam lingkungan dan biodiversitas.

5.Sektor Pertanian 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: