Kecamatan Terjauh dari Purwokerto, Opsi Calon Ibukota Provinsi Jasela, Jalannya Mirip Sirkuit

Kecamatan Terjauh dari Purwokerto, Opsi  Calon Ibukota Provinsi Jasela, Jalannya Mirip Sirkuit

Kecamatan terjauh dari Kota Purwokerto calon ibukota Provinsi Jasela pemekaran Jawa Tengah ternyata jalannya mirip sirkuit--

PURWOKERTO, PALPOS.ID - Kota PURWOKERTO, yang saat ini merupakan ibukota Kabupaten Banyumas sedang menjadi perhatian dalam rencana pemekaran Provinsi Jawa Tengah menjadi Provinsi Jawa Selatan atau yang disebut Jasela

Dalam konteks ini, beberapa opsi calon ibukota Jasela tengah dipertimbangkan, dan Purwokerto adalah salah satu di antaranya.

Kabupaten Banyuasin, yang terletak di wilayah tengah Provinsi Jawa Tengah, memiliki 27 kecamatan, 30 kelurahan, dan 301 desa. 

BACA JUGA:Potensi Mendunia Kota Purwokerto, Opsi Calon Ibukota Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Wilayah ini meliputi luas sekitar 1.335,30 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk mencapai 1.304 jiwa per kilometer persegi. 

Namun, ada sebuah fakta menarik yang perlu diperhatikan, yaitu adanya kecamatan yang terletak paling jauh dari Purwokerto. 

Jarak ini dihitung dari Alun-alun Purwokerto, yang menjadi patokan atau titik nol.

BACA JUGA:Kecamatan Terkecil di Purwokerto, Calon Ibukota Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah, Segini Luasnya

Kecamatan ini terkenal dengan jalanan berkelok seperti sirkuit, dan dapat dicapai menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Secara geografis, Kabupaten Banyumas memiliki banyak kecamatan yang terletak di dataran tinggi. 

Hal ini berdampak pada beberapa kecamatan yang jauh dari pusat kota atau alun-alun Purwokerto. Alun-alun ini bersebelahan dengan pusat pemerintahan di Bale Adipati Mrapat.

BACA JUGA:Fakta Mendunia Purbalingga di Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah, Nomor 1 Bikin Kaget

Kabupaten Banyumas sendiri berbatasan dengan Purbalingga, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, dan Brebes, dan memiliki luas wilayah sekitar 4,04 persen dari total luas Provinsi Jawa Tengah. 

Wilayah kecamatan-kecamatan di Banyumas memiliki karakteristik yang beragam, ada yang berlokasi dekat lereng gunung, sementara yang lain berada dekat dengan aliran Sungai Serayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: