Manfaat Es Lemon Bunga Telang dan Cara Membuatnya

Manfaat Es Lemon Bunga Telang dan Cara Membuatnya

Es Lemon Bunga Telang digemari karena kaya akan manfaat-Foto: Maryati-Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Es teh lemon bunga telang belakang booming dan banyak  diminati oleh berbagai kalangan di Kota Lubuklinggau-Sumatera Selatan (Sumsel).

Ini karena es teh lemon bunga telang bukan hanya menawarkan kesegaran, namun teh lemon bunga telang yang berwarna kebiruan ini ternyata kaya manfaat untuk kesehatan loh.

Pedagang es teh lemon bunga telang biasanya dapat ditemui di beberapa spot olahraga pada setiap pagi Minggu. Salah satunya di Taman Olah Raga Silampari (TOS) Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Kecombrang Si Puwo Antibakteri Pencegah Kerusakan Sel Tubuh

Namun jika kamu ingin membuat sendiri teh lemon bung telang, gampang kok. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya berupa, beberapa tangkai bunga telang segar atau bunga telang yang telah dikeringkan. Kemudian siapkan juga lemon dan gula batu. Sebagai toping kamu bisa menambahkan biji selasih.

Caranya, rendam bunga Telang dengan air panas, setelah airnya berubah warna kebiruan saring airnya lalu tambahkan gula batu. Tambahan potongan lemon atau perasaan air lemon.  Aduk sampai rata dan kamu bisa menambahkan toping biji selasih yang sudah direndam.

Setelah semua tercampur rata masukan ke dalam freezer, tunggu sampai dingin.  Kamu juga bisa menambahkan es batu agar bisa langsung menikmati es lemon bunga telang tanpa harus menunggu lama. Cukup gampang kan.

Beberapa manfaat dari es teh lemon bunga telang diantaranya :

1.  Membantu menurunkan berat badan dan memperlancar pencernaan

Bunga Telang tidak mengandung kafein, karbohidrat, lemak, dan kolesterol sehingga aman digunakan untuk diet.

Dipadukan dengan lemon yang dikenal dengan kandungan vitamin C nya, membuat teh lemon bunga telang lebih segar dan nikmat untuk diminum.

Penambahan gula batu juga memberikan sensasi manis, namun tetap aman untuk kesehatan. Karena gula batu aman dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap resiko diabetes.  

Biji selasih yang dikenal obat panas dalam juga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk es teh lemon bjga telang.

Kandungan teh lemon bunga telang ini juga dipercaya mampu melunturkan lemak.

Selain itu, konsumsi teh lemon bunga telang dua kali dalam satu minggu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.
 
2.    Memperbaiki suasana hati

Konsumsi es teh lemon bunga telang  juga dapat meningkatkan energi, menyegarkan otak, dan mampu meningkatkan stamina tubuh. Dengan manfaat tersebut es teh lemon bunga telang dipercaya bukan hanya memberikan kesegaran namun juga efek rileks yang dapat meredakan stres, meredakan kecemasan dan depresi.

3.    Menjaga dan mempercantik kulit dan menguatkan rambut
kuat
Bunga telang mengandung falvonoid yang berfungsi untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen inilah yang membuat kulit terlihat cantik, sehat, lembab, dan memiliki elastisitas yang baik.

Bunga telang juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit kusam dan membantu memudarkan noda pada kulit.

Anthocyanin dalam bunga telang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kepala sehingga kulit kepala lebih sehat. Kulit kepala yang sehat dapat memperkuat folikel rambut dari dalam.

Dipadu dengan lemon yang dikenal dengan antidioksidan yang tinggi  membuat manfaat bunga telang untuk menjaga kecantikan kulit dari dalam semakin optimal.

4.   Membantu menguatkan jantung

Perpaduan bunga Telang dan lemon juga  dapat membantu menguatkan jantung.  Karena kandungan bioflavonoid pada bunga telang yang mampu menurunkan kolesterol dan kadar lemak dalam darah.

Kandungan bioflavonoid dalam darah juga dapat memperkuat dan menyuplai antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung.

5.    Melawan kanker

Berita baik untuk penderita kanker, bahwa zat antikanker juga dimiliki oleh bunga telang. Perpaduan bunga Telang dan lemon ini menambah optimal zat antikanker melawan dan membunuh sel kangker dalam tubuh.

Nah setelah mengetahui manfaat bunga telang ini, tidak ada salahnya kamu menjadikan bunga telang bukan hanya sekedar pewarna alami pada makanan atau minuman yang kamu gemari. Namun menjadikan bunga Telang sebagai minuman wajib untuk dikonsumsi minimal 1-2 kali dalam semingggu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: