Kecombrang Si Puwo Antibakteri Pencegah Kerusakan Sel Tubuh

Kecombrang Si Puwo Antibakteri Pencegah Kerusakan Sel Tubuh

Kecombrang alias puwo atau pe'gho merupakan tanaman rempah yang tinggi antidioksidan, antibakteri dan antikanker.-Foto : Tangkapan Layar market online-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Kecombrang atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan sebutan honje. Tumbuhan rempah ini banyak ditemui di pulau Jawa dan Sumatera.

Disetiap daerah, kecombrang memiliki ragam nama atau sebutan. Seperti di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba)-Sumatera Selatan, ada yang menyebut kecombrang dengan nama puwo atau pe'gho.

Kecombrang dengan nama latinnya Etlingera elatior ini merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran atau campuran bumbu penyedap yang memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan.

BACA JUGA:Ingin Camping Keluarga Berkesan, Ini 10 Tips yang Harus Dilakukan !

Kecombrang dikenal sebagai antioksidan, antibakteri dan antikanker.

Kecombrang atau puwo alias pe'gho ini juga kaya akan berbagai macam nutrisi, terutama mineral penting seperti kalsium, kalium dan fosfor. Selain itu, kecombrang juga rendah kalori dan tinggi kandungan serat.

Kandungan nutrisi di dalam kecombrang/puwo/pe'gho ini membuat tumnuhan rempah ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya :

BACA JUGA:Menikmati Keindahan City Light Kota Bogor dari Atas Bukit di Lentemland Camping Ground

1. Memberikan aroma segar

Kecombrang alias puwo atau pe'gho ini merupakan pemberi cita rasa pada berbagai masakan. Itu karena aroma kecombrang yang kuat, sehingga bisa mengurangi aroma anyir pada ikan atau seafood.

Kecombrang alias puwo atau pe'gho ini juga memberikan aroma segar pada sambal dan hidangan masakan tumis maupun berkuah. Masakan yang dicampur jenis rempah satu ini biasanya akan mudah dibedakan dengan masakan lainnya.

BACA JUGA:Sansevieria Si 'Lidah Mertua' Penyerap Radiasi

Sama halnya seperti daun kemangi, aroma segar kecombrang alias puwo atau pe'gho ini dipercaya bisa menghilangkan bau mulut dan bau badan.

Walaupun begitu, hal ini perlu pengujian klinis lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya ini.

2. Menghambat pertumbuhan bakteri

BACA JUGA:Berikut 5 Cara Pengobatan yang Efektif Pada Ikan Koi, Yang Pertama Layaknya Penderita Covid 19

Tanaman kecombrang alias puwo atau pe'gho juga dipercaya memiliki kemampuan yang signifikan sebagai agen antibakteri dalam merespon gejala penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen.

Berdasarkan penelitian Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau pada tahun 2016, ekstrak batang tanaman kecombrang alias puwo atau pe'gho Ini mengandung zat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri, seperti Bacillus cereus, Escherichia coli, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus.

Sifat antibakteri disebabkan oleh kandungan minyak atsiri, alkaloid, dan asam lemak pada kecomrang alias puwo atau pe'gho ini.

BACA JUGA:Mengungkap Manfaat Tersembunyi di Balik Daun Pepaya Jepang

Selain itu, karena sifat antibakteri yang dimilikinya, kecombrang alias puwo atau pe'gho juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan pengawet alami.

3. Mencegah kerusakan sel tubuh

Sebuah penelitian menyebutkan bunga, batang, rimpang, dan daun kecombrang alias puwo atau pe'gho ini sangat tinggi antioksidan.

BACA JUGA:Kenali Nutrisi dan Manfaat Jantung Pisang, Mulai Sebagai Pencegah Kerutan Wajah Hingga Mencegah Kangker

Efek antioksidan pada tanaman rempa kecombrang alias puwo atau pe'gho dihasilkan oleh kandungan senyawa flavonoid, yakni salah satu senyawa antioksidan yang membantu menangkal kerusakan sel dalam tubuh.

Tingginya kandungan antioksidan membuat tanaman rempah satu ini dikenal sebagai tanaman antikanker. Hal ini disebabkan kecombrang mampu memperlambat kerusakan akibat pertumbuhan sel kanker, khususnya terhadap sel kanker payudara.

Nah setelah mengenal manfaat kecombrang alias puwo atau pe'gho, tidak ada salahnya kamu menjadikan rempah satu ini sebagai sayur atau campuran bumbu masakan kamu.

BACA JUGA:Selain Obat Panas Dalam, Ini 16 Manfaat Lainnya Biji Selasih Untuk Kesehatan

Terlebih cara mengolah kecombrang/puwo/pe'gho ini sangat lah muda. Kamu bisa memanfaatkan kuncup bunganya sebagai bahan untuk membuat sambal. Rasa sambal kecombrang/puwo/pe'gho ini dijamin akan membuat lidah kamu nagih.

Kamu juga bisa menjadikan bunga puwo ini sebagai bahan campuran sayuran tumisan, sama seperti kamu mencampur toge atau kecamba pada sayuran tumis kamu.

Kamu juga bisa menjadikan kuncup bunga ini sebagai campuran bahan sayur urap. Dijamin sayur urap dengan bunga kecomrang kamu akan membuat rasanya lebih nikmat dan sedap.  

BACA JUGA:11 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan

Alerternatif lain, kamu juga bisa membuat sup kecomrang/puwo/pe'gho ini.

Nah ada banyak pilihan bukan untuk mengolah kecomrang/puwo/pe'gho ini agar kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan untuk tubuhmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah referensi kamu tentang salah satu rempah yang kaya manfaat ini. Terimakasih. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: