Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Fakta Menarik Kabupaten Ketapang Calon Ibukota Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Fakta Menarik Kabupaten Ketapang Calon Ibukota Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Syarat Pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Meskipun moratorium DOB (Pemekaran Daerah Otonomi Baru) masih berlaku oleh Pemerintah Pusat, namun pembentukan Provinsi Ketapang terus bergema dan memberikan harapan baru bagi warga Ketapang.

Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Tugu Tolak Bala simbol perdamaian dan harmoni etnis di Kabupaten Ketapang calon Provinsi Ketapang.

Tugu Tolak Bala yang menjulang gagah di tengah Kota Ketapang, berdiri kokoh di pertigaan Jalan Merdeka dan Jalan A Yani. 

Tugu ini bukan hanya sebuah struktur fisik, tetapi juga menjadi simbol perdamaian dan harmoni etnis di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Intip Sejarah dan Budaya Keraton Matan Calon Provinsi Ketapang

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Calon Provinsi Ketapang yang Mengguncang Indonesia, Luasnya....

Tugu Perdamaian ini sangat penting dalam menyatukan masyarakat yang beragam etnis di wilayah tersebut. 

Bahkan, tugu tersebut melambangkan persatuan dan kesatuan yang harus dijaga oleh semua pihak, tanpa memandang suku atau etnisnya.

"Tugu ini adalah simbol perekat masyarakat Kabupaten Ketapang yang cinta damai. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan semua etnis harus tetap terjaga dengan baik," ungkap Bupati Ketapang Martin Rantan beberapa waktu lalu.

Martin Rantan juga mengapresiasi pendiri dan inisiator Tugu Perdamaian ini, serta dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang dan berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat dan pemuka agama. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Batas Wilayah Kabupaten Ketapang Calon Provinsi Ketapang

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Gubernur Sutarmidji Dukung Pembentukan Provinsi Ketapang

Rasa syukur dan terima kasih kepada mereka menjadi landasan untuk menjaga tugu ini dengan baik, serta menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian masyarakat yang beragam etnis di Kabupaten Ketapang.

Martin Rantan juga mencatat bahwa meskipun Kalimantan Barat pernah mengalami kerusuhan dan gejolak di beberapa daerah, Kabupaten Ketapang tetap aman, damai, dan kondusif. 

Ini terjadi berkat hubungan harmonis, kerukunan umat beragama, serta kerjasama antara masyarakat adat dengan pemerintah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: