Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Intip Sejarah dan Budaya Keraton Matan Calon Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Intip Sejarah dan Budaya Keraton Matan Calon Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Intip Sejarah dan Budaya Keraton Matan Calon Provinsi Ketapang-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KETAPANG, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, intip sejarah dan budaya Keraton Matan calon Provinsi Ketapang.

Ketapang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat atau Provinsi Kalbar yang mungkin belum begitu dikenal oleh banyak orang. 

Namun, di balik ketenangannya, kota ini menyimpan sejuta keindahan, terutama dalam hal sejarah dan budaya. Salah satu tempat bersejarah yang patut dikunjungi di Ketapang adalah Keraton Matan, sebuah peninggalan berharga dari Kerajaan Matan Tanjungpura.

Sejarah yang Kaya

Wilayah ini juga memiliki sejarah yang kaya sebagai bagian dari Kerajaan Matan Tanjungpura, yang merupakan kerajaan tertua di Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Calon Provinsi Ketapang yang Mengguncang Indonesia, Luasnya....

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Batas Wilayah Kabupaten Ketapang Calon Provinsi Ketapang

Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura, yang merupakan situs bersejarah, terletak di Desa Tanjungpura, Kecamatan Muara Pawan, sekitar 45 km dari pusat kota Ketapang. Nama Tanjungpura juga diabadikan dalam berbagai institusi seperti Kodam XII Tanjungpura dan Universitas Tanjung Pura, yang menandakan pentingnya sejarah wilayah ini.

Kabupaten Ketapang, yang juga merupakan kota, adalah kabupaten terbesar dan terluas di provinsi Kalimantan Barat. Dengan luas yang mencakup berbagai jenis lingkungan, tak heran jika kota Ketapang ini menyimpan banyak sekali tempat menarik dan wisata bersejarah yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura, yang akan kita eksplor lebih lanjut.

Keraton Matan: Peninggalan Sejarah yang Mengagumkan

Keraton Matan adalah sebuah keraton Melayu yang menjadi peninggalan bersejarah dari kesultanan atau kerajaan Melayu. Hal yang mencolok dari keraton ini adalah dominasi warna kuning dan hijau yang mencirikannya. 

Sebagaimana diketahui, Provinsi Kalimantan Barat didominasi oleh mayoritas warga suku Melayu, sehingga tak heran jika hampir di setiap kabupaten di Kalimantan Barat terdapat kerajaan dan keraton yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Gubernur Sutarmidji Dukung Pembentukan Provinsi Ketapang

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Potensi Menggiurkan Calon Provinsi Ketapang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: