Langsat Si Pencerah Kulit dan Buat Awet Muda

Langsat Si Pencerah Kulit dan Buat Awet Muda

Langsat kaya akan manfaat untuk kesehatan. Foto tangkapan layar market online--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Langsat merupakan jenis buahan yang serupa tapi tak sama dengan duku (Lansium domesticum), namun keduanya berasal dari spesies yang sama. 

Perbedaan keduanya sulit dikenali bagi sebagian orang, namun sebagian lainnya mungkin tidak sulit membedakan antara Langsat dan Duku. 

Untuk kamu yang belum begitu kenal perbedaannya boleh deh simak disini. Perbedaan pertama bisa dilihat dari kulitnya. 

kulit langsat lebih tebal dan bergeta dari duku, sebaliknya duku kulitnya lebih tipis dan tidak begitu banyak getahnya bahkan bila sudah masak bisa dikatakan tidak bergeta lagi.

BACA JUGA:Manggis Si Garcinia Mangostana Kaya Manfaat Kesehatan

Kemudian dari soal rasa, Langsat rasanya kecut atau asam. Sedangkan dulu rasanya manis, terlebih duku asal Palembang (Komering)- Sumatera Selatan, yang manisnya sudah sangat terkenal. 

Selain itu dari bijinya, Langsat memiliki biji lebih besar dibandingkan biji duku.  Bahkan duku Komering bijinya bisa langsung ditelan dengan daging dukunya.

Tapi jangan coba-coba menelan biji Langsat bisa keselek dan nyangkut di tenggorokan. 

Namun, kedua buah ini sama-sama kaya nutrisi. Menurut sejumlah sumber, buah langsat tinggi kandungan serat, vitamin, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. 

BACA JUGA:Kencur si 'Kaempferia Galanga' Pencegah Kangker dan Atasi Stress

Selain itu langsat mengandung polifenol yang berlimpa, sebagian zat ini terdapat dalam daging buahnya, tapi paling banyak ada pada bagian kulit dan bijinya.

Sebuah analisis kuantitatif menunjukkan bahwa langsat termasuk ke dalam buah yang kulitnya memiliki kandungan flavonoid paling tinggi dibandingkan buah tropis lainnya. 

Buah langsat juga mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, hingga zat besi.

Kandungan nutrisi pada buah Langsat ini menjadikan buah yang menyerupai duku ini kaya manfaat untuk kesehatan loh !.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: