Karhutla Membara, Pemkab Ogan Ilir Gelar Salat Istisqo, Minta Diturunkan Hujan

Karhutla Membara, Pemkab Ogan Ilir Gelar Salat Istisqo, Minta Diturunkan Hujan

Karhutla Membara, Pemkab Ogan Ilir Gelar Salat Istisqo, Minta Diturunkan Hujan--Foto: Isro/Palpos.id

OGANILIR,PALPOS.ID -Pemkab Ogan Ilir melaksanakan salat istisqo di lapangan KPT Tanjung Senai dipimpin oleh Bupati Panca Wijaya Akbar, dengan imam Kh Abdul Karim Umar, pimpinan Ponpes Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya, dan khotib Dr. H Fahmi Umar.

Salat Istisqo ini merupakan saran dari dua Fraksi DPRD Ogan Ilir yakni Golkar dan Nasdem sebagai upaya dan ikhtiar untuk meminta hujan kepada sang pencipta.

Dimana dalam dua bulan terakhir ratusan hektar hutan dan lahan di Ogan Ilir telah terbakar. Dampaknya udaya menjadi tercemar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan pandangan para pengendara serta kerusakaan terhadap alam.

BACA JUGA:Panitia Popnas Bantah Tidak Perhatian Kepada Almarhum Fatur Rahman

Pelaksanaan salat Istisqo alias salat minta hujan, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir di lapangan KPT Tanjung Senai Indralaya, Selasa, 19 September 2023, sekitar pukul 08.00 WIB.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah ulama terkemuka, termasuk Ketua MUI Ogan Ilir Dr. KH Nurhasan, M.Ag, dan Pimpinan Ponpes Pena Kita KH Agus Jaya, Lc, M.Hum, serta Kh Abdul Ghofar Ruslan.

Acara ini juga dihadiri Mudir Ponpes Syafaatut Tulab Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kh Abror, Ketua FORPES Ogan Ilir Dr. H Faisal yang juga menjadi mudir Ponpes Darul Punun Tambang Rambang Kecamatan Rambang Kuang, 

BACA JUGA:Labuan Bajo: Lebih dari Surga di Bumi, dengan Fakta Menakjubkan yang Membuat Anda tak Ingin Pulang !

Hadir juga Ustadz H Muhammad Rido Hamid, S.Ag, Mudir Ponpes Darul Iman Srikembang Kecamatan Muara Kuang, Ketua Masjid Agung Annur Ustadz Gusti M Ali, serta kelompok pengajian dan para santri-satriwati.

Pelaksanaan salat Istisqa berlangsung selama sekitar 1 jam dan dimulai dengan penjelasan tata cara salat Istisqa oleh Kh Abdul Karim Umar. Setelah pelaksanaan salat Istisqa dua rakaat, khotbah disampaikan oleh Dr. H Fahmi Umar. 

Dia mengajak para jamaah untuk melakukan koreksi diri atas kesalahan dan dosa yang pernah dilakukan, serta memohon ampunan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Hari Pertama Tugas, Ratu Dewa Panggil Kepala OPD-Lurah Berikan Instruksi Tegas

"Dengan memohon ampunan, Allah SWT akan melimpahkan kebaikan, rezeki, dan ridho-Nya, sehingga Kabupaten Ogan Ilir dapat menjadi kabupaten yang "Baldatun thoyibatun warrobun ghofur," bumi yang adil, makmur, dan berada di bawah ridho dan naungan Allah SWT," dekian dalam penggalan do'anya.

Bupati Panca Wijaya Akbar menyatakan bahwa salat Istisqa merupakan upaya untuk memohon pertolongan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: