Aduuh Sakit, Rengekan Peserta Sunatan Masal Warnai Pembukaan TMMD ke-188 di Lubuklinggau

Aduuh Sakit, Rengekan Peserta Sunatan Masal Warnai Pembukaan TMMD ke-188 di Lubuklinggau

Sunatan masal dalam rangka pembukaan acara TMMD ke-188 Tahun 2023, di Talang Mandur Kelurahan Sumber Agung , Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau, Rabu 20 September 2023.-Foto: Maryati-dokumen /Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Aduuh... sakit, rengek Dhapa (9), salah satu peserta sunatan di Desa Talang Mandur, Kelurahan  Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau  II, Kota Lubuklinggau-Sumatera Selatan (Sumsel).

Siswa kelas tiga SD ini merengek ketakutan ketika akan dikhitan oleh petugas sunatan masal dalam rangkaian pembukaan acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118, yang dilaksanakan oleh Kodim 0406/Lubuklinggau, bersama Pemerintah Kota (Pemkot) setempat, di Dusun Talang Mandor, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Rabu 20 September 2023.

Usai dikhitam, Dhafa dan rekan-rekannya yang masih menggunakan sarung, sudah bisa kembali tersenyum dan bercengkrama dengan teman-temannya seraya memegang sarung mereka masing-masing.

BACA JUGA:ISSI Lubuklinggau Kembali Sumbang 3 Emas

Ketika ditanya, kenapa menangis dengan polos bocah ini menjawab "tadi sakit, takut juga," ujarnya.

Sekarang, tambah Dhapa sudah tidak sakit lagi.

Berbeda dengan Raka (7), meski usianya terpaut dua tahun dengan temannya Dhapa, namun Raka lebih berani. "Aku Idak nangis (Saya tidak nangis), aku berani," ujar bocah ini menggemaskan.

BACA JUGA:KONI Lubuklinggau Dituding Tebang Pilih, Ketua KONI Bungkam

Dhapa, Raka dan belasan temannya yang lain langsung sumringah dan bahagia ketika menerima bingkisan dari Dandim 0406/Lubuklinggau plus uang saweran  pecahan Rp50 ribuan dari Pj Walikota Lubuklinggau, pasca mereka dikhitan.

Rasa sakit sebelumnya yang dirasakan seolah lenyap dan berubah menjadi kegembiraan. Wajah-wajah polos mereka tak dapat menyembunyikan semua itu.

Dandim 0406/Lubuklinggau Letkol Inf Kunto  Adi Setiawan, disela-sela kegiatan mengatakan bahwa, dalam rangkaian kegiatan TMMD tersebut dibuka dan diawali dengan kegiatan non fisik, seperti yang telah dilaksanakan sunatan masal untuk anak-anak, kemudian sehat ramah lingkungan, pendampingan dan penyuluhan masalah stunting.

BACA JUGA:Sukseskan Pemilu 2024, Pj Walikota Minta ASN Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Lubuklinggau

Selain sejumlah kegiatan non fisik, sasaran TMMD juga ke kegiatan fisik, seperti pembangunan jalan, gorong-gorong, dan lainnya.

"Kegiatan fisik ini masih dalam proses dan sedang berjalan, Insyallah 20 Oktober nanti dengan dukungan semua lapisan masyarakat bisa tuntas," katanya.

Sementara itu rangkaian acara pembukaan TMMD ke-118  tahun 2023 tersebut, dibuka langsung oleh PJ Walikota Lubuklinggau H Trisko Defriansyah.

BACA JUGA:Hari Pertama, Lubuklinggau Raih Emas dan Perunggu di Cabor Balap Sepeda

Pembukaan tersebut Hadir dalam acara tersebut, dihadiri langsung oleh Kasiter Koren 043/Gapo Kolonel Arm Kusdi, Kapolres Lubuklinggau AKBP Indra Arya Yudha, Wadanyon Brimob Yon B Pelopor Lubuklinggau Kompol Yulfikri.

Tak ketinggalan Ketua DPRD Lubuklinggau H Rodi Wijaya, dan sejumlah pejabat teras di Lingkungan Pemkot Lubuklinggau hingga ke bawah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: