Sukseskan Pemilu 2024, Pj Walikota Minta ASN Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Lubuklinggau

Sukseskan Pemilu 2024, Pj Walikota Minta ASN Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Lubuklinggau

H Trisko Defriansyah Pj Walikota Lubuklinggau-Foto: Maryati-dokumen /Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID. -  Tingkat partisipasi pemilih menjadi salah satu tolak ukur suksesnya pemilihan umum (pemilu) 2024.

Untuk itu Pj Walikota Lubuklinggau H Trisko Defriansyah, meminta Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat, membantu menyukseskan pemilu 2024 baik itu pemilu legislatif yang akan dilaksanakan Februari 2024 maupun pilkada Lubuklinggau pada November 2024.

"Untuk menyukseskan pemilu legislatif maupun pilkada, hal pertama yang harus dilakukan sebagai warga negara yang baik ASN harus terlebih dahulu memastikan apakah dirinya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum," kata Trisko saat dijumpai di rumah dinas Pj Walikota di Jalan Garuda depan Masjid Agung Assalam, Selasa 19 September 2023.

BACA JUGA:Hari Pertama, Lubuklinggau Raih Emas dan Perunggu di Cabor Balap Sepeda

Setelah memastikan, pribadi dan keluarganya terdaftar dalam DPT, ditegaskan Trisko, ASN yang bersangkutan juga bisa mengecek dan memastikan tetangga di lingkungan sekitarnya juga sudah terdaftar dalam DPT.

"Jadi yang utama itu meningkatkan partisipasi pemilih dulu dan mengecek  DPT itu jadi suatu keharusan," tegasnya.

Yang kedua tambahnya, ikut me-sosialisasi tahapan dari Pemilu ini, kapan masa kampanye kapan masa tenang kapan menggunakan hak suaranya itu dulu yang penting.

BACA JUGA:2 TPS di Kota Lubuklinggau Masuk Zona Merah

"Dalam konteks netralitas ASN, tapi dia juga punya hak suara untuk memilih ya kan, punya hak suara untuk menggunakan suaranya pada hari H," tutur Trisko.

Untuk itu mereka  harus memastikan pribadi dan keluarga dan kerabatnya itu terdapat dalam DPT. Termasuk juga tetangga rumahnya apakah sudah terdaftar  dalam DPT.

Begitupun dengan kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) harus memastikan juga apakah seluruh jajarannya sudah terdaftar dalam data pemilih.

BACA JUGA:Ditunjuk Pj Walikota Lubuklinggau, Trisko Siap mengantarkan Pemilu Legislatif dan Pilkada Lubuklinggau 2024

"Kalau dia harus keluar daerah artinya ada mutasi Pemilih, nah mereka sebenarnya harus ditanyakan dengan KPU ," ujar Trisko.

Untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat Kota Lubuklinggau, dikatakan Trisko diharapkan pegawai Kota Lubuklingga terdaftar sebagai pempilih walaupun dia mungkin asalnya tidak dari Linggau.  

"Jadi kita harapkan, memastikan mereka terdaftar, meski alamatnya diluar daerah dan hari H nya diliburkan, mereka sedang berada di Lubuklinggau untuk memilih," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: