4 Calon Provinsi Baru Pemekaran NTT : Potensi Mendunia Atambua Calon Ibukota Provinsi Timor Barat

4 Calon Provinsi Baru Pemekaran NTT :  Potensi Mendunia Atambua Calon Ibukota Provinsi Timor Barat

Kota Atambua opsi calon ibukota Provinsi Timor Barat yang berpotensi mendunia--

Sebagai solusnya, yakni bakal dilakukan pemekaran kabupaten. Dan Kabupaten Sumba Timur usul bentuk 4 kabupaten baru sekaligus.

BACA JUGA:Usulan Pemekaran Provinsi Jawa Utara: Fokus pada Kabupaten Blora dan Potensi yang Ditawarkannya

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Timur, Usulkan 8 Calon Daerah Otonomi Baru, Ini Alasannya

Di mana, keempat kabupaten baru hasil pemekaran itu, yakni Kabupaten Sumba Selatan, Kabupaten Sumba Timur Jaya, Kabupaten Pahunga Lodu, dan Kabupaten Sumba Selatan.

Terakhir Provinsi Pulau Sumbawa yang meliputi wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Sedangkan untuk rencqana ibukota Provinsi Pulau Sumbawa sendiri akan berada di Kecamatan Sumbawa Besar atau Sumbawa Rae Kabupaten Sumbawa.

Diketahui, calon provinsi baru Provinsi Pulau Sumbawa ini akan memiliki wilayah Pulau Sumbawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. 

Kemudian, 63 dari 117 kecamatan di Provinsi NTB bakal bergabung Provinsi Pulau Sumbawa. Serta 543 dari 1.143 kelurahan dan desa di Provinsi NTB.

Menarik mencermati pemekaran Provinsi Timor Barat yang rencananya beribukota itu Atambua.

imor Barat adalah sebuah permata tersembunyi yang terletak di bagian barat Pulau Timor, kecuali Distrik Oecusse.

Merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur,  wilayah ini menawarkan kekayaan budaya dan sejarah yang luar biasa.

Dengan luas wilayah mencapai 16.264,78 km², Timor Barat menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Ibu kota dan pelabuhan utama Timor Barat, Kupang, adalah sebuah kota yang gemerlap dengan aktivitas dan budaya lokal.

Kota ini menawarkan gambaran sempurna tentang bagaimana kehidupan berlangsung di wilayah ini, memberikan para wisatawan kesempatan untuk menyelami kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Bukan hanya Kupang, Timor Barat juga dikenal dengan puncak tertingginya, Gunung Mutis yang menjulang setinggi 2.427 meter dpl dan Gunung Lakaan dengan ketinggian 1.600 meter dpl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: