Kabut Asap Kian Pekat, PT Waskita Sriwijaya Tol Lakukan Tindakan Ini

Kabut Asap Kian Pekat, PT Waskita Sriwijaya Tol Lakukan Tindakan Ini

Kabut Asap Kian Pekat, PT Waskita Sriwijaya Tol Lakukan Tindakan Ini--Foto: Isro/Palpos.id

OGANILIR,PALPOS.ID - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumatra Selatan akhir-akhir ini kian mengkhawatirkan.

Dampak yang ditimbulkan mengancam keselatan masyakat utamanya bagi kesehatan pernapasan.

Asap yang pekat dan tebal terasa dan terlihat jelas di langit-langit Sumsel utamanya di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Ogan Komering Ilir (OKI).

BACA JUGA:Herman Deru : Pemprov Sumsel Telah Mengerahkan Semua Sumber Daya dan Kekuatan Atasi Karhutla

Salah satu yang bersentuhan langsung dengan Karhutla adalah Tol Palembang-Lampung yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol.

Manejer Operasional PT Sriwijaya Tol Palembang-Lampung Sabdo Hari Mukti mengungkapkan pihaknya saat ini telah melakukan pemberitahuan dan sosialisasi kepada pengendara sebelum memasuki pintu tol agar mengurangi kecepatan dan berhati-hati.

"Yang  dilakukan yakni memberikan pemberitahuan dini kepada para pengendara, memasang rambu-rambu portabel terkait karhutla di lokasi masuk dan keluar tol, dan himbau pengendara untuk menurunkan kecepatan," ungkapnya. Senin 2 Oktober 2023.

BACA JUGA:Bersama Petugas BPBD, Pj Bupati Apriyadi Padamkan Karhutlah di Dusun Lame

Selin itu, pihaknya juga menyiapkan tim siaga tersendiri dimana dilokasi Karhutla terdapat anggota yang siap siaga memasang berambu-perambu dan mengamankan lajur, menyalakan sirine serta terdapat petugas yang standby sebagai Flagman.

"Sehingga kita bener-benar berupaya terkait keselamatan penguna jalan dari gangguan dampak Karhutla yang menggangu jarak pandang," katanya.

Pihaknya juga menyiapkan unit mobil ambulan sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti pengendara yang terkena ISPA atau sesak pernapasan.

BACA JUGA:Tim Satgas Padamkan Karhutla di Tiga Desa Kabupaten OKU

"Sejauh ini alhamdullah belum ada kejadian atau hal-hal yang tidak di inginkan. Lalu lintas di Tol Palembang-Lampung juga masih terbilang normal, sama seperti biasa," katanya.

Selain dari tim satgas internal pihaknya juga terus berkoordinasi dengan tim satgas karhutla Ekternal baik itu dari wilayah OI maupun OKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: