Pj Wako Prabumulih Instruksikan Camat, Lurah dan Kades Aktif Pantau Karhutlah

Pj Wako Prabumulih Instruksikan Camat, Lurah dan Kades Aktif Pantau Karhutlah

Pj Wako Prabumulih Instruksikan Camat, Lurah dan Kades Aktif Pantau Karhutlah--

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi salah satu perhatian serius di kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Pj Walikota Prabumulih, H Elman ST MM, baru-baru ini menginstruksikan kepada seluruh camat, lurah, dan kades se Kota Prabumulih agar berperan aktif memantau titik-titik api yang ada diwilayah kerja masing-masing.

Sehingga apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan sambung Elman, dapat diambil tindakan dengan cepat.

BACA JUGA:1500 Pelamar Bakal Rebutan 903 Kuota PPPK Prabumulih

“Kami mohonkan peda camat, lurah dan kades, HP diaktifkan dan selalu berada di tempat jangan disaat-saat seperti ini pemerintahan selalu tidak ada,” ungkap H Elman ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (09/10).

Dikatakan Elman, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diberikan amanah berupa jabatan itu untuk mengabdi kepada masyarakat alias untuk bekerja. “Jadi diberikan jabatan itu untuk bekerja, mengabdi kepada masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu sambung Elman, camat, lurah dan kades diharapkan selalu aktif turun ke lapangan apabila terjadi karhutlah.

BACA JUGA:Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Prabumulih Sumatera Selatan Kerahkan 330 Personel

“Kita harus cepat tangga damlam memberikan respon dan koordinasi yang baik dengan instansi terkait dalam hal penanganan karhutlah,” tuturnya.

Pada kesempatan itu pula, Pj Walikota Elman juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat dalam upaya mencegah dan memadamkan karhutla.

Dia mengajak seluruh warga Prabumulih untuk turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan melaporkan potensi kebakaran hutan dan lahan kepada pihak berwenang.

BACA JUGA:Pemerintah Pusat Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis, Pj Walikota Prabumulih : Kami Masih Menunggu Petunjuk Resmi

"Kita harus menjaga alam kita bersama-sama. Jangan ragu untuk melaporkan kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwenang. Dengan kerja sama yang baik, kita bisa mengurangi risiko karhutla dan melindungi lingkungan kita," tambahnya.

Lebih lanjut pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih ini, mengapresiasi kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Kota Prabumulih yang selalu siaga dalam penanganan karhutlah selama 1 x 24 jam setiap harinya.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja rekan-rekan kita di BPBD yang bekerja keras baik siang maupun malam, dalam menjalankan tugas memadamkan karhutlah,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: