Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Prabumulih Sumatera Selatan Kerahkan 330 Personel

Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Prabumulih Sumatera Selatan Kerahkan 330 Personel

Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Prabumulih Sumatera Selatan Kerahkan 330 Personel--

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Menghadapi pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan Presiden tahun 2024 mendatang, Polres Prabumulih menggelar rapat koordinasi yang membahas tentang sistem pengamanan kota (sispamkot), di aula Polres Prabumulih Senin (09/10).

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIK MH tersebut dihadiri Pj Walikota Prabumulih H Elman ST MM, Ketua DPRD Sutarno SE MIKom, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Arlen Veronica SH MH.

Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIK MH ketika diwawancarai usai rapat tersebut mengatakan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu di Kota Prabumulih, pihaknya menerjunkan sebanyak 330 personel dari seluruh satuan fungsi yang ada.

BACA JUGA:1500 Pelamar Bakal Rebutan 903 Kuota PPPK Prabumulih

“Kekuatan pengamanan dari Polres Prabumulih tidak kurang dari 330 personel, yang mana tentu kami akan mendapat bantuan nantinya dari rekan-rekan TNI dan linmas,” ungkap Witdiardi.

Dikatakannya, 330 personel tersebut nantinya akan disebar ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 6 kecamatan yang Kota Prabumulih.

“Telah disampaikan bahwa jumlah TPS yang ada di wilayah Prabumulih ini 670 TPS, Insyaallah kita semua akan bersinergi dan siap untuk mengamankan pemilu,” tuturnya sembari mengatakan pihaknya telah menerima masukan dari Bawaslu terkait netralitas ASN dan TNI-POLRI.

BACA JUGA:Pemerintah Pusat Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis, Pj Walikota Prabumulih : Kami Masih Menunggu Petunjuk Resmi

Ketika ditanya mengenai ada tidak TPS yang dinilai rawan terjadi kecurangan atau kericuhan, perwira jebolan Akpol ini menuturkan ada 1 TPS di Prabumulih yang dinilai rawan yakni TPS Khusus di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Prabumulih di Jalan RA Kartini Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur.

TPS tersebut dinilai rawan, lantaran jumlah pemilih yang terdata di TPS tersebut cukup banyak. “Rawan ini karena berdasarkan tempat ya yaitu TPS khusus di Rutan Prabumulih karena orangnya banyak, kita sesuai kriteria kita masukan dalam TPS yang rawan,” imbuhnya.

Sementara ketika ditanya setiap TPS nantinya akan dijaga berapa personel polres Prabumulih, Witfiardi menuturkan pihaknya akan menempatkan personel sesuai dengan petunjuk dan kriteria TPS.

BACA JUGA:UU ASN Disahkan, Ketua DPRD Prabumulih Desak Pemerintah Hitung Kebutuhan Anggaran untuk Honorer

“Kami dalam pengamanan TPS khusus lapas jumlahnya akan bertambah tidak sama dengan TPS yang aman, kita juga akan berkoordinasi dengan petugas lapas,” tutupnya.

Sementara, Pj Walikota Prabumulih H Elman ST MM menuturkan, menghadapi pemilu 2024 mendatang pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak agar penyelenggaraan pemilu di Kota Prabumulih berjalan tertib, lancar dan aman.

“Kita tetap antisipasi bukan rawan tidak rawan, jangan sampai rawan. Kita berharap pelaksanaan pemilu presiden dan legislatif berjalan aman,” tuturnya seraya mengatakan pihaknya juga akan mengerahkan linmas, sat pol pp dan kelurahan untuk berperan aktif mensukseskan pelaksanaan pemilu.

BACA JUGA:Datangi 2 Markas TNI, Ormas Islam Prabumulih Berikan Cindera Mata

Sedangkan, Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno SE MIKom mengatakan pihaknya selaku peserta atau kontestan pada pemilu legislative mendatang mengapresiasi polres prabumulih dan juga TNI serta pemerintah kota yang telah melakukan berbagai persiapan terkait penyelenggaraan pemilu 2024.

“Kami selaku orang politik dan juga peserta pada pemilu nanti berharap, mudah-mudahan kedepan pelaksanaan pemilu berjalan kondusif, aman dan lancar,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: