Harga Emas Antam Kembali Melemah Hingga 2 Point, Terendah dalam Sebulan

Harga Emas Antam Kembali Melemah Hingga 2 Point, Terendah dalam Sebulan

Indonesia Unggul dalam Produksi Emas: 7 Daerah Penghasil Emas Terbesar Termasuk di Seluma Bengkulu.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

 

Penyebab Penurunan Harga Emas Antam

 

Para analis pasar mencatat bahwa penurunan harga emas Antam ini terjadi akibat beberapa faktor. Salah satunya adalah fluktuasi harga internasional, yang secara tidak langsung mempengaruhi harga emas di pasar domestik. Ketidakpastian pasar global, termasuk gejolak ekonomi di berbagai negara, terus mempengaruhi harga emas secara keseluruhan.

 

Selain itu, situasi politik dan ekonomi dalam negeri juga turut berkontribusi pada penurunan harga emas. Beberapa kebijakan terbaru dari pemerintah, seperti penerapan pajak penjualan dan potongan harga untuk pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), mempengaruhi dinamika pasar emas dalam negeri.

 

BACA JUGA:Harga Emas Masih Terus Meningkat. Berikut Harga Emas Antam, Retro dan UBS Per 15 Oktober 2023

BACA JUGA:Saatnya Jual Emas. Harga Meroket dan Buy Back Naik Sampai Rp 20 Ribu Per Gram

 

Pengaruh Peraturan Pemerintah Terhadap Harga Emas

 

Sejak diberlakukan Peraturan Menteri Keuangan No 34 Tahun 2017, setiap pembelian emas batangan dikenakan Pajak Penghasilan (PPH) 22 sebesar 0.9 persen, kecuali bagi mereka yang tidak memiliki NPWP. 

 

Namun, untuk konsumen yang mempunyai NPWP, mereka akan mendapatkan potongan harga sebesar 0.25 persen dari total harga emas yang dibeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: