Akhiri Seri Pelatihan Cek Fakta di Solo, AMSI Total Melatih 150 Media

Akhiri Seri Pelatihan Cek Fakta di Solo, AMSI Total Melatih 150 Media

Akhiri Seri Pelatihan Cek Fakta di Solo, AMSI Total Melatih 150 Media.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAWA TENGAH, PALPOS.ID - Akhiri Seri Pelatihan Cek Fakta di Solo, AMSI Total Melatih 150 Media.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bersama dengan Asosiasi Jurnalis Independen (AJI), Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), dan Google News Institute sukses menyelenggarakan Seri Pelatihan Cek Fakta bertemakan "Melawan Disinformasi dan Misinformasi Jelang Pemilu 2024". 

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Alana, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, mulai dari Minggu (19/11/2023) hingga Selasa (21/11/2023).

Partisipasi Jurnalis

Sebanyak 35 jurnalis dari Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur turut serta dalam pelatihan ini. Seri kelima ini menjadi penutup program pelatihan cek fakta menjelang Pemilu 2024. 

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024 AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta di Sumatera Barat

BACA JUGA:2 Trainer Cek Fakta AMSI Sumsel Bekali Pemuda Kabupaten Banyuasin untuk Melek Digital

Dalam sambutannya, Amrie Hakim, pengurus AMSI nasional dan penyelia program cek fakta AMSI, menyatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada jurnalis untuk menghasilkan cek fakta berkualitas.

Pentingnya Cek Fakta

"Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu menerapkan hasil training dengan menghasilkan berita cek fakta berkualitas terkait dengan Pemilu 2024. Karena jumlah jurnalis yang memiliki keterampilan cek fakta masih sangat terbatas, harapannya adalah agar jumlah media yang terlibat dalam koalisi cek fakta dapat bertambah," ucap Amrie Hakim.

Jejak Pelatihan di Lima Wilayah

Amrie Hakim menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan hasil kerja sama AMSI, AJI, Mafindo, dan didukung penuh oleh Google News Institute. 

Seri pelatihan sebelumnya telah diadakan di empat wilayah, yaitu Jakarta (31 Oktober-2 November), Padang (7-9 November), Makassar, dan Denpasar bersamaan (14-16 November), dengan Solo sebagai lokasi pelatihan terakhir.

BACA JUGA:AMSI Bersama AJI dan Mafindo Petakan Data Hoaks Jelang Pemilu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: