Tak Perlu Smooting Rambut Ke Salon, Cukup Pakai Kapur Sirih Untuk Meluruskan Rambut

Tak Perlu Smooting Rambut Ke Salon, Cukup Pakai Kapur Sirih Untuk Meluruskan Rambut

Tak Perlu Smooting Rambut Ke Salon, Cukup Pakai Kapur Sirih Untuk Meluruskan Rambut-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KESEHATAN, PALPOS.ID - Kapur sirih merupakan endapan yang dihasilkan dari proses rendaman pada batu. Kapur sirih atau kalsium hidroksida dihasilkan dari campuran kalsium hidroksida dan air.

Zat ini memiliki pH basa yang kuat dan tidak berbau. Zat kimia ini juga digunakan pada industri seperti pengolahan limbah, produksi kertas, konstruksi hingga pengolahan makanan. 

Kalsium hidroksida biasanya digunakan sebagai pengatur pH dalam berbagai kosmetik, karena sifat basanya. Hal ini juga terkadang digunakan untuk proses pembuatan makanan dan minuman.

Manfaat kapur sirih untuk kesehatan

1. Merawat gigi

Kalsium hidroksida yang terdapat pada kapur sirih sangat baik dalam membentuk perlindungan pada gigi. Seperti infeksi gigi, infeksi berulang, hingga fraktur akar servikal, bisa diturunkan risikonya.

BACA JUGA:Rahasia Manfaat Terong Ungu: Mulai dari Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Kanker

BACA JUGA:Palembang Waspada Cacar Monyet, Dinas Kesehatan Palembang Lakukan Ini..

Kapur sirih bermanfaat untuk memperbaiki saluran akar gigi, serta melindungi gigi agar tidak mudah rusak. Hal ini disebabkan sifat antibakteri dan kandungan mineral yang tinggi.

Walaupun banyak manfaat pada gigi, pengguaan kapur sirih harus atas izin dari dokter gigi. Karena kalsium hidroksida merupakan zat kimia, sehingga dapat menimbulkan dampak buruk jika digunakan secara sembarangan.

2. Campuran makanan

Kapur sirih juga dapat digunakan sebagai campuran makanan agar terasa lebih nikmat. Seperti:

• Mengolah jagung 

Kalsium hidroksida sudah digunakan untuk mengolah jagung sejak ribuan tahun. Biji jagung direndam dalam air yang dicampur dengan kapur sirih agar lebih mudah diolah menjadi tepung. Cara ini juga dapat membuat jagung melepaskan nutrisi penting, termasuk niasin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: